Kompas.com - 28/09/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Tidur adalah kebutuhan tubuh yang harus terpenuhi, seperti kebutuhan makan dan minum.

Apabila kebutuhan tidur tak tercukupi, maka ritme sirkadian tubuh akan terganggu dan metabolisme akan mengalami banyak masalah.

Gangguan tidur sendiri bermacam-macam, disebabkan oleh banyak faktor. 

Gangguan tidur bisa berupa insomnia atau susah tidur, sleep apnea, atau rutinitas tak lazim lainnya seperti terbangun di pukul 3 pagi.

Selalu terbangun rutin di pukul 3 pagi ini seperti alarm alami. Tanpa alasan, tiba-tiba mata terbuka dan kesadaran penuh menguasai kepala.

Apa yang terjadi?

Baca juga: Tidur Kurang dari 7-8 Jam Sehari Bisa Bikin Gemuk? Ini Kata Dokter

Penyebab selalu terbangun di pukul 3 pagi

Dilansir dari Livestrong, kebiasaan terbangun tengah malam ini karena tubuh mengalami masalah kesehatan tertentu atau mengidap gangguan tidur.

Vishesh K.Kapur, MD, MPH, profesor dari University of Washington menjelaskan beberapa penyebab mengapa kita selalu terbangun di pukul 3 pagi.

Ini adalah beberapa di antaranya:

1. Tubuh sudah terkondisikan

Manusia adalah makhluk yang bisa beradaptasi terhadap kebiasaan. Jadi ketika Anda melakukan satu kebiasaan, maka tubuh akan menciptakan jadwal baru untuk rutinitas itu.

Seperti misalnya Anda memiliki satu alasan untuk bangun di 3 pagi selama beberapa hari, maka di hari berikutnya ritme sirkadian tubuh sudah menyesuaikan diri akan rutinitas baru tersebut.

Sehingga tanpa alarm, tubuh akan otomatis terbangun di waktu yang sama.

Baca juga: 7 Cara agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

2. Waktu tidur sudah tercukupi

Sepanjang malam, tubuh akan memasuki beberapa fase tidur. Terbangun secara spontan bisa saja terjadi karena fase tidur sudah memasuki tidur ringan, alias kebutuhan tidur sudah tercukupi dan Anda sudah melewati fase tidur pulas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.