Jadi Tempat Pemeriksaan Ferdy Sambo, Siapa Saja yang Bisa Ditahan di Mako Brimob?

Kompas.com - 08/08/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Markas Korps Brimob (Mako Brimob) Polri yang berlokasi di Kelapa Dua, Depok menjadi perbincangan publik usai Bareskim Polri "menjemput" Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Sabtu (6/8/2022), dan membawanya ke sana.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa Ferdy Sambo diduga melakukan pelanggaran etik terkait kasus kematian Brigadir J lantaran tidak profesional dalam olah TKP.

"Oleh karenanya, pada malam hari ini yang bersangkutan langsung ditempatkan di tempat khusus, yaitu di Brimob Polri," ujarnya, dikutip dari Kompas.com.

Kendati demikian, Dedi menegaskan bahwa penjemputan Ferdy Sambo dilakukan dalam konteks pemeriksaan dan belum ditetapkan sebagai tersangka.

Pemeriksaan Ferdy Sambo menimbulkan pertanyaan mengenai alasan Bareskim Polri menempatkannya ke Mako Brimob.

Mengapa Ferdy Sambo ditempatkan di Mako Brimob?

Baca juga: Runtutan Kasus Tewasnya Brigadir J hingga Ferdy Sambo Diamankan ke Mako Brimob

Penjelasan ahli hukum

Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar mengatakan, Mako Brimob bisa menjadi tempat bagi anggota polisi yang tengah menghadapi proses hukum atau pelanggaran etika.

"Karena menurut Kepolisian baru proses etik, maka Kepolisian punya kewenangan untuk menahan di mana saja termasuk di Mako Brimob," ujarnya, saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Sebenarnya, ia mengimbuhkan, penahanan tersebut dapat dilakukan di mana saja sesuai dengan instansi yang memprosesnya.

Namun, jika yang diperiksa adalah masyarakat biasa, biasanya akan ditahan di Rutan Salemba atau Rutan Kepolisian lainnya yang menangani kasus tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.