Penemuan Fosil Ikan Jurassic di Peternakan Inggris, Masih Lengkap Sisik dan Rongga Matanya

Kompas.com - 30/07/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Sebuah peternakan di Inggris menjadi tempat harta karun berbagai fosil dari zaman Jurassic, sekitar 201,3 juta sampai 145 juta tahun lalu.

Tepatnya di pinggiran Gloucestershire, Cotswold, Inggris, para peneliti menemukan sisa-sisa fosil ikan raksasa dan reptil laut.

Dilansir dari Independent UK, di antara lebih dari 180 fosil, salah satu temuan yang paling menarik adalah fosil kepala ikan yang diawetkan.

Fosil kepala ikan tersebut menunjukkan mata dan gigi besar, dengan tonjolan mulut terbuka lebar seperti ikan yang hidup di laut tropis sekitar 183 juta tahun yang lalu.

Diketahui, fosil kepala ikan tersebut adalah Pachycormus, genus ikan sirip pari yang kini sudah punah.

Menurut para peneliti, Neville Hollingworth dan istrinya, Sally Hollingworth, kepala ikan ditemukan di belakang kandang sapi di Desa Kings Stanley, Gloucestershire.

"Penggalian di Kings Stanley selama seminggu terakhir telah mengungkapkan sumber bahan fosil yang kaya, terutama dari lapisan batuan langka yang belum tersingkap sejak akhir abad ke-19," kata mereka.

Baca juga: Ahli Temukan Fosil Hewan Predator Paling Awal, Seperti Apa?

Belum pernah lihat yang seperti ini

Fosil kepala ikan tersebut ditemukan tertanam dalam nodul batu kapur yang mengeras dan menyembul dari tanah liat.

Fosil tersebut, menurut mereka, diawetkan dengan sangat baik lantaran masih mengandung jaringan lunak, termasuk sisik dan mata.

"Bola mata dan rongganya terawetkan dengan baik," ujar Neville Hollingworth, yang juga seorang ahli geologi lapangan dari University of Birmingham, dilansir dari Live Science (29/7/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.