Kompas.com - 30/07/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Banyak keuntungan ketika kita memiliki otak cerdas, apalagi memiliki tingkat kecerdasan yang jauh di atas rata-rata.

Dilansir dari Scientific American, orang dengan hasil tes IQ di atas rata-rata atau digolongkan ke dalam manusia cerdas biasanya akan memiliki kesuksesan yang dimulai dari bangku sekolah hingga ke ruang-ruang kerja.

Bahkan meski belum bisa menyebutkan kaitan khususnya, para ahli juga menyebutkan bahwa golongan otak cerdas ini juga cenderung hidup lebih lama, memiliki kualitas hidup yang baik alias sehat, dan berisiko kecil mengalami kepahitan seperti susah mencari kerja atau bangkrut.

Namun sayang, para ahli juga menyebutkan, bahwa pemilik otak cerdas tak hanya meraup keuntungan atau sisi positif saja dari kondisi otak mereka yang encer.

Ilmuwan menyatakan, layaknya hal-hal lain yang memiliki dua kutub negatif dan positif, si otak encer juga memiliki sisi negatif yang mau tak mau harus diterima.

Apa sisi negatif atau kelemahan tersebut?

Baca juga: Ciri IQ Tinggi Dilihat dari Kepribadian, Apakah Anda Salah Satunya?

Kelemahan orang dengan IQ tinggi

Masih dari sumber yang sama, Scientific American, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Intelligence, adalah yang menjawab pertanyaan di atas.

Ruth Karpinski, ilmuwan dari Pitzer College, bersama koleganya melakukan penelitian soal plus minus yang dimiliki orang dengan tingkat kecerdasan tinggi.

Mereka mengirim pertanyaan soal psikologi khususnya kelainan-kelainan psikologis ke dalam sebuah komunitas bernama Mensa.

Mensa sendiri adalah komunitas orang-orang dengan kecerdasan tinggi. Di mana untuk bisa masuk ke komunitas ini, calon anggota harus menjalani tes IQ dan memiliki hasil di atas angka 132.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.