Kompas.com - 02/03/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Hari Raya Nyepi 2022 akan jatuh pada 3 Maret 2022. Hari raya ini sangat penting bagi Umat Hindu.

Makna dari Nyepi diungkapkan oleh Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana I Gede Pitana, sebagai perayaan Tahun Baru Saka yang berdasarkan perhitungan kalender Hindu.

Saat tahun baru tersebut, umat Hindu melakukan introspeksi diri dengan cara menyepi selama 24 jam.

“Tahun baru itu dirayakan dengan melakukan introspeksi diri, sehingga kita melaksanakan dengan cara yang sepi atau menyepi yang merupakan cara terbaik untuk introspeksi diri, jadi orang introspeksi diri akan lebih bagus jika dalam sepi, tidak dalam ramai-ramai,” ujar I Gede Pitana, dikutip dari Kompas.com, Senin (28/2/2022).

Ada 3 larangan saat Nyepi, yaitu amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan).

“Sebenarnya semua itu bermakna saatnya kita untuk mencari diri ke dalam, tidak keluar, dan mengendalikan api-api yang ada dalam diri, seperti api kemarahan, api dengki, dan sebagainya, itu makna yang sesungguhnya dari Nyepi,” jelas I Gede Pitana.

Baca juga: Daftar Tanggal Merah Maret 2022: Ada Libur Hari Raya Nyepi

Sejarah Hari Raya Nyepi

Dikutip dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) melalui Kompas.com, 25 Maret 2020, hari suci atau hari raya merupakan hari yang diperingati secara istimewa berdasarkan keyakinan umat.

Hari Raya Nyepi diperingati setiap tahun, yaitu sehari setelah Tileming Sasih Kesanga.

Sejarah mencatat tahun Saka lahir dari India. Kala itu, di India banyak terdapat suku-suku bangsa, seperti Saka (Scythia), Pahlawa (Parthia), Yueh-chi, Yawana, dan Malawa.

Mereka berkeinginan saling menundukan satu sama lain dan silih berganti dapat menguasai.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.