Benarkah Kopi Bisa Menurunkan Risiko Kanker Kolon? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 31/01/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kopi dinyatakan bisa menurunkan risiko kanker kolon, baik bagi para wanita ataupun pria.

Berbagai macam penelitian dilakukan terhadap kopi mengingat kopi adalah minuman favorit masyarakat dunia.

Melansir Live Science, salah satu khasiat kopi yang sudah diteliti oleh para ilmuwan adalah kopi bisa menurunkan risiko munculnya kanker kolon.

Peneliti mengamati sekitar 8.500 orang di Israel, di mana 5.000 di antaranya mengalami kanker usus besar.

Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kopi ternyata memiliki penurunan risiko terkena kanker kolon sebesar 30 persen.

Baca juga: Ingin Beralih ke Kopi Decaf? Kenali Dulu Efeknya bagi Tubuh

Kaitan kopi dan kanker kolon

Stephanie Stenzel dari University of Southern California's Norris Comprehensive Cancer Center, menyatakan bahwa minum kopi satu hingga dua cangkir sehari bisa menurunkan risiko kanker kolon hingga 22 persen.

Ilustrasi usus Ilustrasi usus
Sedangkan minum kopi dua hingga dua setengah cangkir per hari bisa menurunkan risiko kanker kolon hingga 44 persen. Dan minum kopi lebih dari dua setengah cangkir per hari bisa menurunkan risiko kanker kolon hingga 59 persen.

Angka ini menetap meskipun peneliti sudah mengalkulasinya dengan faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi risiko kanker kolon seperti usia, gender, banyaknya pengonsumsian sayur, dan rutinitas pengonsumsian aspirin.

Dalam berbagai penelitian tersebut dinyatakan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker kolon karena kemampuan kopi dalam mendorong semua substansi yang masuk ke usus dengan lebih cepat.

Dengan cara ini, maka jaringan tisue usus tak akan terlalu lama terpapar properti-properti luar yang bisa memicu kanker.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.