Kompas.com - 25/01/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - NPWP tak hanya diperuntukkan dan diwajibkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, namun juga Wajib Pajak Badan (perusahaan).

Jadi ketika mendirikan usaha, pelaku usaha selain harus memiliki NPWP orang pribadi, juga harus mendaftarkan perusahaannya untuk memperolah NPWP Badan yang sesuai peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

NPWP sendiri adalah nomor yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak dan digunakan sebagai identitas Wajib Pajak baik itu orang pribadi atau badan.

Manfaat NPWP banyak sekali. Selain digunakan untuk menyelesaikan dan menunaikan kewajiban perpajakan, NPWP juga bisa digunakan melengkapi syarat administrasi perbankan dan perizinan.

Selain itu, memiliki NPWP juga bisa digunakan menghindari sanksi pidana atas kewajiban Wajib Pajak yang harus memiliki NPWP Badan, digunakan membuat SIUP, membuat rekening koran, dan mengajukan pinjaman kredit.

Jadi pelaku usaha, sebaiknya segera mendaftarkan usahanya ke Direktorat Jenderal Pajak agar perusahaan atau usahanya segera memiliki NPWP Badan.

Baca juga: Mengenal Manfaat NPWP dan Cara Membuatnya

Syarat dan prosedur pembuatan NPWP Badan

Ada beberapa kategori Wajib Pajak Badan yang harus memiliki NPWP Badan. Yaitu Wajib Pajak Badan yang memiliki kewajiban perpajakan seperti pembayar, pemotong, dan atau pemungut pajak.

Yang kedua adalah Wajib Pajak yang hanya memiliki kewajiban perpajakan pemotong dan pemungut pajak saja.

Untuk badan yang berorientasi pada profit seperti PT, CV, Firma, Koperasi, syarat membuat NPWP Badan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi akta pendirian atau dokumen pendirian beserta perubahannya (khusus Wajib Pajak dalam negeri).
  • Fotokopi surat keterangan penunjukan dari kantor pusat (bagi kantor perwakilan perusahaan asing).
  • Dokumen identitas seluruh pengurus badan usaha. 

Sedangkan untuk badan kategori cabang, dokumen syarat yang harus disiapkan adalah fotokopi NPWP kantor pusat atau induk dan dokumen identitas pimpinan cabang atau penanggungjawab cabang.

Baca juga: Cara Mengecek NPWP Asli atau Palsu

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.