Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Jakarta Setelah Tidak Jadi Ibu Kota

Kompas.com - 25/01/2022, 10:59 WIB
Lanskap kota Brasilia, yang merupakan ibu kota negara Brasil sejak tahun 1960 PixabayLanskap kota Brasilia, yang merupakan ibu kota negara Brasil sejak tahun 1960

AKHIRNYA pemindahan ibu kota Indonesia berhenti sebagai sekadar wacana setelah secara resmi pemerintah Republik Indonesia menetapkan bahwa pembangunan ibu kota baru segera dilaksanakan.

Bahkan nama ibu kota baru juga telah ditetapkan, yaitu Nusantara.

Berbagai reaksi bermunculan. Satu di antaranya adalah bagaimana nasib Kota Jakarta setelah peran dan fungsi sebagai ibu kota diambil alih oleh Nusantara.

Apakah kota Jakarta akan ditinggalkan warganya sehingga menjadi semacam kota miskin, bahkan kota hantu seperti kota-kota di Amerika Serikat era Wild-West yang mati setelah ditinggalkan oleh para warganya?

Rio De Jainero

Saya juga pernah khawatir bahwa setelah ibu kota Brasil dipindah ke Brasilia yang berada di tengah hutan belantara, maka Rio De Jainero sebagai ibu kota lama Brasil yang mashur dengan gemerlap pantai Copacabana akan sunyi sepi sendiri, bahkan mati sebagai kota yang hanya dihuni hantu.

Namun ternyata kekuatiran saya bersifat much ado about nothing alias mubazir akibat tidak benar adanya.

Meski sudah tidak berfungsi sebagai ibu kota, namun ternyata kini Rio De Jainero tetap menjadi destinasi utama kunjungan pariwisata Brasil.

Apalagi setelah pada tahun 2016, Rio De Jainero menjadi penyelenggara Olimpiade.

Sementara Sao Paulo tetap menjadi pusat kegiatan ekonomi, maka Rio De Jainero tetap menjadi pusat kebudayaan nan tiada dua bukan hanya di Brasil, namun juga di planet bumi.

Apabila mendengar sentuhan irama rumba dan samba bahkan juga bossa nova, maka yang terbayang di kalbu saya bukan gedung-gedung arsitektural keren di Brasil yang telah dinobatkan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia, namun semarak heboh karnaval di sepanjang jalan raya Rio De Jainero.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.