Kompas.com - 25/01/2022, 10:30 WIB
Ilustrasi flu yang menyerang pelancong saat berwisata. Dok. ShutterstockIlustrasi flu yang menyerang pelancong saat berwisata.

KOMPAS.com - Belakangan ini, sejumlah warganet menuliskan bahwa mereka dan lingkungannya mengalami flu, batuk, dan pilek.

Informasi ini dituliskan oleh pengguna Twitter, Jumat (21/1/2022) lalu.

"Kalian abis pada pilek sama batik gak sih?" tulis akun Twitter ini.

"Aku iyaaa awalnya radang tenggorokan, pas udah baikan jadi sering batuk-batuk dan flu pilek sampe agak sesak napas, ada yg sama gasii??" tulis akun berikut.

"Akhir akhir ini banyak pasien w yang sakit batuk pilek. Nggak cuma banyak sih tp banyak banget.....jaga kesehatan ya guys," tulis akun lainnya.

Lalu, benarkah saat ini sedang musim flu, batuk, dan pilek? Apa penyebabnya?

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Guncang Kolombia, Lebih 1.000 Orang Tewas

Penjelasan dokter

Dokter sekaligus Direktur RSU PKU Muhammadiyah Prambanan dr Dien Kalbu Ady mengatakan, kejadian tersebut termasuk dalam Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA).

Ia menjelaskan, ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, gatal, nyeri tenggorokan dan kadang disertai demam maupun nyeri otot.

"ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia," ujar Dien, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Menurut dia, jika dibagi menurut letak infeksinya, beberapa penyakit yang bisa terjadi saat infeksi saluran pernapasan, yaitu:

  1. Infeksi saluran pernapasan atas, meliputi common cold, sinusitis, rhinitis, tonsillitis, radang tenggorokan, dan laringitis.
  2. Infeksi saluran pernapasan bawah, meliputi bronkitis, bronkiolitis, pneumonia, aspergilosis, maupun tuberkulosis (TBC).
  3. Infeksi saluran pernafasan atas dan bawah, meliputi Covid-19 dan SARS.

Baca juga: Mengatasi Sakit Kepala karena Flu

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.