Kompas.com - 22/01/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Kecelakaan terjadi di simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat pagi (21/1/2022).

Sebuah truk tronton kehilangan kendali diduga karena rem blong dan menabrak belasan kendaraan bermotor yang tengah berhenti di lampu merah.

Akibat kejadian itu, dilaporkan ada 4 korban meninggal dunia, 1 orang dalam keadaan kritis, 3 orang mengalami patah tulang, dan 5 lainnya luka ringan.

Baca juga: Mencari Solusi Tragedi Rapak Balikpapan, Warga: Kejadian Terus Berulang

Uji KIR disorot

 

Sejumlah warganet mempertanyakan soal uji KIR kendaraan tersebut. 

"Terkait #kecelakaan yg terjadi tadi pagi di Balikpapan. Saya ingin memberi masukan kpd kemenhub satlantas polantas yg menaungi bidang lalu lintas. Perketat lagi uji kir kendaraan milik perusahaan, beri batasan umur truck milik perusahaan besar maksimal 15tahun," ujar salah satu warganet. 

"Usut tuntas !!! Lihat uji KIR di Dishub balikpapan. Kendaraan layak jalan tidak mungkin terjadi rem blong. Jangan-jangan ada oknum di uji KIR nya," ungkap warganet lain. 

"Kejadian kayak di Balikpapan dgn kronologi truk atau bus rem blong bukan pertama bahkan ke sepuluh kali-an terjadi. Udah sering banget. Tau sendiri uji kir di Indonesia masih ada yang nyogok supaya dilolosin. @KPK_RI nyentuh yang beginian gak si?," komentar lainnya. 

Apa itu uji KIR?

Uji KIR adalah serapan dari bahasa Belanda Keur, yang artinya serangkaian pengujian dan/atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

Uji ini dilaksanakan di unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dinas perhubungan (dishub) kabupaten/kota terkait dan pemeriksaannya dilakukan oleh penguji yang memenuhi persyaratan.

Untuk kendaraan yang memenuhi kelaikan akan disahkan oleh pejabat yang ditunjuk dan akan diberikan tanda uji.

Baca juga: Simak Syarat dan Biaya Uji KIR

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.