Untuk Penderita Diabetes, Ini Cara Aman Menyesap Kopi

Kompas.com - 03/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi kopi rutin setiap hari bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun bagaimana dengan mereka yang sudah memiliki diabetes? Tetap amankah mengonsumsi kopi setiap hari?

Mengingat kopi terdiri dari beragam properti, dan beberapa properti dalam kopi bisa kontra dengan kondisi tubuh yang sudah memiliki gangguan penyakit tertentu seperti diabetes dan gangguan jantung.

Ada baiknya sebelum menyeduh kopi, Anda mengenal dulu plus minus kopi dan cara penyeduhan paling aman yang sebaiknya dilakukan.

Baca juga: Kopi Bisa Mencegah Stroke dan Pikun? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Plus minus kopi

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa kandungan kopi yang bisa menyehatkan tubuh, dua di antaranya adalah kafein dan polifenol.

Polifenol sendiri adalah antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari beberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, gangguan jantung juga kanker.

ilustrasi kopi tubruk. SHUTTERSTOCK/M. Rinandar Tasya ilustrasi kopi tubruk.
Kopi juga mengandung berbagai mineral seperti magnesium dan chromium. Dan meningkatkan asupan magnesium lewat kopi juga dinyatakan bisa efektif melindungi tubuh dari bahaya diabetes.

Menurut berbagai penelitian, untuk menurunkan tingkat risiko terkena diabetes tipe 2, Anda bisa mengonsumsi 3 hingga 4 cangkir kopi setiap hari.

Meski kopi sepertinya bisa menangkal diabetes, namun dalam penelitian lain ditemukan fakta bahwa beberapa properti di dalam kopi bisa mempengaruhi kerja insulin pada mereka yang sudah menderita diabetes.

Kafein di dalam kopilah yang dinyatakan bisa menurunkan tingkat kesensitifan insulin pada tubuh, sehingga tidak ideal untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.