Kopi Bisa Mencegah Stroke dan Pikun? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kompas.com - 17/12/2021, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Dulu mitos menyatakan bahwa mengonsumsi kopi bisa menaikkan tekanan darah, dan tekanan darah tinggi bisa mengarahkan tubuh terkena gangguan jantung dan stroke.

Namun beberapa penelitian terbaru mematahkan mitos tersebut. Mengonsumsi kopi rutin justru dipercaya bisa meminimalkan risiko terkena gangguan jantung dan stroke.

Meminum 2 hingga 3 cangkir espresso per hari dinyatakan bisa meminimalkan risiko penyakit stroke juga demensia.

Melansir dari MSN, studi soal kopi ini dilakukan di China dan melibatkan 365.000 peserta dengan rentang usia 50 hingga 74 tahun.

Baca juga: Bahayanya Mengonsumsi Obat dan Kopi dalam Waktu Berdekatan

Antara kopi dan stroke

Penelitian yang didanai oleh National Nature Science Foundation of China ini menemukan hasil memuaskan.

Yaitu bahwa meminum 2 hingga 3 cangkir kopi atau teh per hari bisa menurunkan peluang terkena stroke hingga 32 persen dan menurunkan peluang terkena demensia hingga 28 persen.

Mengutip Very Well Health, substansi dalam kopi, salah satunya adalah antioksidan, bisa menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Jadi ketika kita mengonsumsi kopi secara rutin, tekanan darah dan angka LDL akan terjaga dalam ambang normal, sehingga menjauhkan kita dari bahaya silent killer stroke.

Ilustrasi stroke Ilustrasi stroke
Stroke sendiri biasanya terjadi pada rentang usia 55 hingga 85 tahun. Meski di beberapa kasus, stroke juga bisa terjadi pada usia produktif.

Yang sering terjadi adalah stroke berjenis iskemik, yaitu stroke yang terjadi ketika gumpalan darah membuat darah tidak mengalir ke otak. Gumpalan darah ini biasanya merupakan tumpukan lemak pada lapisan dalam pembuluh darah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.