Kompas.com - 06/12/2021, 09:37 WIB
Komentar di akun BMKG mempertanyakan soal peringatan dini Semeru. Masih banyak yang belum bisa membedakan wilayah kewenangan BMKG dan PVMBG. Akun Instagram BMKGKomentar di akun BMKG mempertanyakan soal peringatan dini Semeru. Masih banyak yang belum bisa membedakan wilayah kewenangan BMKG dan PVMBG.

KOMPAS.com – Peristiwa erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) menjadi perhatian publik di Tanah Air.

Di dunia maya, peristiwa ini juga menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir.

Pantauan Kompas.com, salah satu topik yang banyak dibahas soal ada atau tidaknya peringatan dini erupsi Gunung Semeru karena ketika peristiwa terjadi tidak ada pengamanan warga ke radius aman.

Akun media sosial Pusat Vulkanologi dan Bencana Mitigasi Geologi pun menjadi incaran warganet yang ramai mengkritik soal ini.

Tak hanya akun PVMBG, unggahan akun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika juga dipenuhi komentar yang menanyakan mengapa tak ada peringatan soal situasi Gunung Semeru. 

“@infobmkg Gunung Semeru gaada kabar di feed?” tanya sebuah akun.

“Admin kenapa sampe tidak ada peringatan dini?? Bagaimana bisa gunung sebesar itu luput dari pantauan??” tulis akun lainnya.

“Akun BMKG malah kurang update. Tidak memberi info dini, tidak mengucapkan belasungkawa, parahhh, Auto unfoll,” tulis sebuah akun.

Komentar-komentar ini pun mendapatkan tanggapan dari warganet lain yang meluruskan bahwa kewenangan soal update situasi gunung api bukan kewenangan BMKG, melainkan PVMBG.

Baca juga: Benarkah Tak Ada Peringatan Dini Erupsi Semeru? Ini Tanggapan PVMBG

Perbedaan tugas BMKG dan PVMBG

Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat BMKG Akhmad Taufan Maulana menjelaskan, BMKG dan PVMBG berbeda. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.