Kompas.com - 05/12/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi Puncak Gunung Merapi dilihat dari Wisata Deles Indah, Klaten. KOMPAS.COM/ANGGARA WIKAN PRASETYAIlustrasi Puncak Gunung Merapi dilihat dari Wisata Deles Indah, Klaten.

KOMPAS.com – Bagaimana situasi terkini Gunung Merapi? Keingintahuan soal situasi terkini Merapi disampaikan warganet di media sosial Twitter pasca-erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

Data yang dihimpun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu (5/12/2021) siang, ada 13 korban meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru. 

“Setelah semeru lalu Merapi,” tulis salah satu akun.

“Krakatau, Tambora, Semeru, Merapi. Selalu perbanyak doa,” tulis akun lainnya.

Baca juga: Mbah Rono Jelaskan Potensi Paling Bahaya dari Erupsi Gunung Semeru

Bagaimana situasi terkini Merapi?

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menekankan, tidak ada istilah ‘penularan’ erupsi dalam vulkanologi.

Oleh karena itu, erupsi yang terjadi di Semeru tidak memengaruhi aktivitas Merapi.

“Tidak ada pengaruhnya antara aktivitas Semeru dengan Merapi,” ujar Hanik saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/12/2021).

Ia mengatakan, hingga saat ini, Gunung Merapi masih dalam fase erupsi efusif sejak 4 Januari 2021.

Adapun aktivitas Merapi bersifat fluktuatif dalam intensitas yang tinggi ditandai dengan jumlah guguran yang masih banyak.

Baca juga: Lokasi Gunung Semeru yang Meletus 4 Desember 2021

Sementara itu, berdasarkan update harian, Minggu (5/12/2021) pukul 6.00-12.00 WIB, potensi bahaya Merapi saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.