Kompas.com - 30/11/2021, 09:15 WIB
Kenapa harus Ganti Kartu ATM Chip? KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoKenapa harus Ganti Kartu ATM Chip?

KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) diketahui telah mengeluarkan surat edaran terkait penggantian kartu ATM berbasis magnetic strip menjadi berbasis chip.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) BI Nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Pengguan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Penggantian kartu ATM magnetic ke chip dilakukan untuk lebih menjaga keamanan dana nasabah karena dinilai lebih terlindungi.

Baca juga: Daftar Bank dengan Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Batas akhir ganti kartu ATM berbasis chip di BCA dan BNI

Berikut ini informasi lengkapnya:

1. BCA

Seluruh nasabah Bank Central Asia (BCA) diharuskan mengganti kartu ATM magnetic stripe ke chip paling lambat 30 November 2021.

Sehingga mulai 1 Desember 2021 nanti kartu ATM magnetic stripe tak bisa lagi digunakan.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn mengatakan nantinya per 1 Desember 2021 kartu debit non-chip akan otomatis terblokir dan sudah tak bisa dipakai untuk bertransaksi.

Bagi nasabah yang ingin melakukan penggantian ke Kartu ATM chip bisa melakukannya di mesin customer service (CS) Digital BCA atau mengajukan kartu melalui Halo BCA.

“Halo BCA dapat dihubungi dengan mudah melalui Halo BCA Apps atau melalui nomor 1500888,” ujar Hera saat dikutip dari Kompas.com, Sabtu (23/10/2021).

Selengkapnya terkait penggantian kartu bisa disimak di link ini.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu untuk BRI, BCA, dan BNI

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.