Kompas.com - 27/11/2021, 12:30 WIB
Kopi dan teh bisa digunakan menurunkan risiko terkena demensia atau pikun. Unsplash/Kayra SercanKopi dan teh bisa digunakan menurunkan risiko terkena demensia atau pikun.

KOMPAS.com - Demensia adalah penyakit penurunan daya ingat dan cara berpikir. Orang awam, lebih sering menyebut gangguan ini dengan sebutan pikun.

Demensia atau pikun adalah penyakit karena efek penuaan yang tak bisa dihindari.

Namun, sedari usia produktif, kita bisa mengubah pola hidup kita agar efek demensia tak terjadi terlalu parah di usia lanjut nanti.

Menurut studi, salah satu bahan pangan yang bisa digunakan menurunkan risiko demensia adalah kopi dan teh.

Jika dikonsumsi secara rutin, kedua bahan minuman ini dikatakan bisa menjaga sel-sel di dalam otak kita.

Baca juga: 10 Fakta Unik dari Kopi

Penelitian antara kopi, teh dan demensia

Melansir dari Pop Science, penelitian yang dilakukan melibatkan 365.682 orang dewasa dengan rentang usia 50 hingga 74 tahun.

Studi ini dilakukan lebih dari satu dekade. Di akhir penelitian, ditemukan 5079 kasus demensia dan 10053 kasus stroke yang dialami oleh para relawan yang ikut dalam penelitian tersebut.

Ilustrasi pikun, demensiaSHUTTERSTOCK/fizkes Ilustrasi pikun, demensia
Dalam penelitian itu, ditemukan bahwa mereka yang minum 2 hingga 3 cangkir kopi per hari atau tiga hingga lima cangkir teh per hari, atau malah gabungan keduanya, masuk ke dalam golongan yang tidak terkena demensia dan stroke.

Para peneliti pun menarik kesimpulan bahwa peminum kopi dan teh mengalami penurunan risiko terkena demensia sebanyak 28 persen dan penurunan risiko terkena stroke sebanyak 32 persen. 

Meskipun begitu, Lee H. Schwamm, dari American Stroke Association Advisory Committee, mengatakan bahwa kopi dan teh belum bisa langsung dikatakan bagus untuk kerja otak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.