Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencegah Demensia dengan Minum Kopi dan Teh

Demensia atau pikun adalah penyakit karena efek penuaan yang tak bisa dihindari.

Namun, sedari usia produktif, kita bisa mengubah pola hidup kita agar efek demensia tak terjadi terlalu parah di usia lanjut nanti.

Menurut studi, salah satu bahan pangan yang bisa digunakan menurunkan risiko demensia adalah kopi dan teh.

Jika dikonsumsi secara rutin, kedua bahan minuman ini dikatakan bisa menjaga sel-sel di dalam otak kita.

Penelitian antara kopi, teh dan demensia

Melansir dari Pop Science, penelitian yang dilakukan melibatkan 365.682 orang dewasa dengan rentang usia 50 hingga 74 tahun.

Studi ini dilakukan lebih dari satu dekade. Di akhir penelitian, ditemukan 5079 kasus demensia dan 10053 kasus stroke yang dialami oleh para relawan yang ikut dalam penelitian tersebut.

Para peneliti pun menarik kesimpulan bahwa peminum kopi dan teh mengalami penurunan risiko terkena demensia sebanyak 28 persen dan penurunan risiko terkena stroke sebanyak 32 persen. 

Meskipun begitu, Lee H. Schwamm, dari American Stroke Association Advisory Committee, mengatakan bahwa kopi dan teh belum bisa langsung dikatakan bagus untuk kerja otak.

Schwamm hanya mengatakan bahwa mengonsumsi kopi dan teh secara rutin setiap hari bisa menurunkan risiko terkena demensia dalam jangka panjang.

Berapa dosis yang tepat?

Meski beberapa penelitian sudah menghasilkan kesimpulan yang sama, namun ilmuwan belum bisa menarik kesimpulan berapa dosis kopi dan teh yang paling tepat yang bisa digunakan mencegah pikun atau demensia.

Karena pada penelitian yang sudah mereka lakukan, para relawan mengonsumsi teh dan kopi dalam takaran cangkirnya masing-masing. Ada cangkir yang berukuran kecil, sedang, bahkan ada juga yang hobi menenggak teh dan kopi dalam cangkir yang cukup besar.

Namun jika dikonsumsi dalam takaran berlebih, kafein justru bisa membahayakan tubuh dalam jangka pendek. Mulai memunculkan gangguan tidur, tremor, hingga anxiety.

Bahkan, pengonsumsian kafein dalam jumlah terlalu banyak, justru pada titik tertentu akan meningkatkan risiko terkena stroke.

Jadi berapa dosis yang tepat? Peneliti mengatakan bahwa sebaiknya kita mengonsumsi kopi dan teh dalam takaran yang minimal hingga sedang saja. Khusus untuk kopi, jangan melebihi takaran 400 mg dalam sehari.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/27/123000765/mencegah-demensia-dengan-minum-kopi-dan-teh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke