Kompas.com - 08/11/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. covid19.go.idIlustrasi vaksinasi Covid-19.

KOMPAS.com - Sejumlah negara di Benua Eropa mengalami lonjakan pesat kasus baru Covid-19 harian selama tiga pekan berturut-turut.

Kebanyakan lonjakan kasus di Eropa itu terjadi di negara-negara yang rendah tingkat vaksinasinya.

Melansir Kompas.id, Minggu (7/11/2021), onjakan kasus terdata di Austria sebesar 66 persen, Ceko 56 persen, Yunani 54 persen, dan Polandia 45 persen dalam sepekan terakhir.

Lonjakan kasus juga terjadi di Rusia. Negara ini mencatat kematian akibat Covid-19 mencapai 1.171 jiwa per hari, yang merupakan jumlah kematian terbesar harian secara global.

Baca juga: Update Corona 8 November: 5 Juta Kematian | WHO Peringatkan Eropa sebagai Episenter

Tingkat vaksinasi Eropa rendah

Orang-orang menggunakan masker saat virus corona menyebar cepat di Eropa termasuk Inggris Raya.  EPA-EFE/FABIO FRUSTACIFABIO FRUSTACI Orang-orang menggunakan masker saat virus corona menyebar cepat di Eropa termasuk Inggris Raya. EPA-EFE/FABIO FRUSTACI
Lonjakan kasus di Eropa tersebut kembali mengingatkan tentang pentingnya vaksinasi dalam mengendalikan Covid-19.

Para pejabat berwenang menyebutkan, rendahnya angka vaksinasi sebagai faktor utama lonjakan kasus di kawasan itu sejak pertengahan September 2021.

Sebagai contoh, Rusia yang merupakan penghasil vaksin Sputnik V sejauh ini telah memvaksinasi lengkap 52,7 juta warganya.

Namun, angka itu baru sekitar sepertiga atau masih di bawah 40 persen dari total 146 juta warga Rusia.

Situasi serupa juga terjadi di Jerman, yang saat ini menghadapi gelombang keempat pandemi karena masih banyak warganya yang belum divaksin dan menolak vaksinasi.

Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan, situasi di Eropa adalah peringatan bagi seluruh dunia meski vaksin Covid-19 sudah tersedia di Benua Eropa.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.