Kompas.com - 26/09/2021, 19:37 WIB
Manajer level menengah semakin banyak yang khawatir kehilangan pekerjaan mereka di tengah pandemi Covid-19. Pexels via ABC IndonesiaManajer level menengah semakin banyak yang khawatir kehilangan pekerjaan mereka di tengah pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Pekerjaan atau profesi yang penting tidak menjamin banyak diminati oleh orang-orang. Beberapa profesi bahkan masuk kategori yang paling dibutuhkan dan dicari tetapi peminatnya malah sedikit.

Seperti yang terjadi di Indonesia. Beberapa profesi yang paling banyak dicari perusahaan justru masih sepi peminat. Hal itu karena di Indonesia, lulusan di bidang profesi tersebut masih sedikit.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (20/9/2021), setidaknya ada tiga profesi yang banyak dicari tapi masih sepi peminat, didasarkan dari The Future of Jobs Report 2020, World Economic Forum (WEF).

Baca juga: Ini 3 Profesi Paling Dicari dan Dibutuhkan, Tapi Masih Sepi Peminat

1. Aktuaris

Profesi yang banyak dibutuhkan tapi masih sepi peminat yang pertama adalah aktuaris. Aktuaris merupakan orang yang bertugas menyelesaikan masalah bisnis di perusahaan.

Contohnya, risiko yang akan dihadapi perusahaan dan dampak bencana terhadap perekonomian dan kemajuan perusahaan.

Aktuaris sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena semua perusahaan harus memperhitungkan risiko dalam menjalankan usahanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski posisinya termasuk penting dan banyak dibutuhkan, kenyataannya masih sedikit orang yang menggeluti profesi aktuaris.

Hal ini bisa dilihat melalui data dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) yang menyebutkan, per pertengahan 2019, baru terdapat sekitar 652 orang aktuaris di Indonesia.

Nah, jika tertarik pada profesi aktuaris, kamu bisa memilih jurusan Matematika di perguruan tinggi.

Namun, untuk lebih spesifiknya, dapat mencari kampus yang sudah memiliki peminatan Aktuaria di Jurusan Matematika, beberapa di antaranya Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Pelita Harapan (UPH).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.