Kompas.com - 26/09/2021, 17:36 WIB
Ilustrasi kucing menggaruk sofa. SHUTTERSTOCK/NOREEFLYIlustrasi kucing menggaruk sofa.

KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan kucing yang sering kita lihat adalah menggunakan kukunya untuk menggaruk sesuatu. Beberapa benda yang kerap menjadi sasaran kucing peliharaan adalah sofat, gorden, dan karpet.

Bagi sebagian orang, perilaku kucing menggaruk sofa dan benda-benda lainnya mungkin terasa sedikit menjengkelkan, karena bisa merusak kondisi benda-benda itu sendiri.

Tapi pernahkah Anda tahu, apa yang menjadi penyebab kucing menggaruk karpet, sofa, atau furnitur lainnya yang berbahan kain?

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Menggaruk Sofa dan Karpet? Penyebab dan Solusinya

Salah satu alasannya ialah karena sejak di alam liar, kucing merupakan hewan yang suka menggaruk. “Hal ini dilakukan oleh kucing karena mereka di alam liar menggaruk dan begitu pun di rumah," ujar Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat, seperti dikutip dari Cuteness.

Dilansir dari berita Kompas.com (4/9/2021), setidaknya ada lima alasan mengapa kucing suka menggaruk sofa dan karpet, yakni sebagai berikut:

  1. Untuk menghilangkan lapisan luar cakarnya yang mati, yang dikenal sebagai sarungnya, dan untuk menajamkan cakarnya
  2. Untuk meregangkan otot-otot di punggungnya sambil melenturkan kaki dan cakarnya
  3. Untuk menghilangkan stres dan kebosanan
  4. Untuk menandai wilayah, berkomunikasi dengan kucing lain dengan tanda visual dan penciuman yang dikenal sebagai penanda aroma interdigital. Kucing memiliki kelenjar aroma pada setiap bantalan kaki (plantar) mereka.
  5. Untuk terlibat dalam perilaku yang merangsang dan menyenangkan

Perilaku kucing menggaruk sofa, karpet, kusen pintu, dan furnitur lainnya adalah masalah yang perlu ditangani dengan modifikasi perilaku dan lingkungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 6 Cara Agar Kucing Tidak Buang Air Sembarangan

Solusi kucing yang senang menggaruk karpet dan sofa

Untuk mengubah perilaku kucing yang satu ini mungkin sulit. Namun solusinya, Anda bisa menempatkan benda lain di sekitar sofa atau karpet untuk mengalihkan sasaran garukan kucing.

Misalnya, Anda dapat meletakkan tiang garukan di beberapa sisi kaki sofa. Atau cara lainnya adalah letakkan pohon atau tiang panjat kucing dengan fitur garukan yang cukup luas.

Kucing juga memiliki preferensi menggaruk, baik permukaan garukan vertikal atau horizontal, tapi untuk berjaga-jaga, sebaiknya sediakan keduanya.

Seperti yang baru-baru ini diungkap dalam oleh Zazie Todd dari Companion Animal Psychology.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.