Kompas.com - 14/09/2021, 09:34 WIB
Ilustrasi bekerja dari kantor dok. Freepik/PressfotoIlustrasi bekerja dari kantor

KOMPAS.com - Ada sejumlah profesi yang kini semakin dibutuhkan dunia kerja. Bahkan, akan semakin banyak dibutuhkan mulai lima tahun mendatang.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat banyak perusahaan kini membutuhkan talenta data. Tak tanggung-tanggung, Indonesia sendiri membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital hingga tahun 2030.

Menurut Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum), kemahiran teknologi merupakan skill terpenting yang harus dimiliki tenaga kerja saat ini.

Riset LinkedIn juga menemukan bahwa 6 dari 10 skill yang paling dibutuhkan oleh perusahaan berada pada sektor TI, seperti blockchain, cloud computing, analisa data, pengembangan kecerdasan buatan, desain UX/UI, dan scientific computing.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Lowongan Magang 2021, Cek Posisi dan Syarat

Itulah mengapa, penting bagi mahasiswa, fresh graduate maupun calon mahasiswa untuk menggali dan mengembangkan skill di bidang teknologi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merangkum laman DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut 5 profesi yang banyak dibutuhkan dunia kerja, bahkan semakin dibutuhkan 5 tahun mendatang:

1. Data Scientist

Bagi sebagian besar masyarakat umum, profesi inilah yang paling banyak diketahui. Secara garis besar, profesi ini memiliki tiga tugas utama dalam pekerjaannya.

Pertama, seorang data scientist wajib memiliki kemampuan analisis data seperti menggabungkan data dari berbagai sumber dan memastikan konsistensi dataset.

Hal ini biasa dikenal sebagai tahap data preparation. Setelah melewati tahap data preparation, kemudian masuklah ke tahap data exploration.

Baca juga: Kawan Lama Group Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1

Di sini data scientist bertanggung jawab dalam memilih faktor atau algoritma yang mempengaruhi hasil prediksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.