Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria yang Sering Muncul di GIF Medsos Ini Galang Dana untuk Sclerosis

Kompas.com - 26/09/2021, 19:15 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pria di balik meme dan Graphics Interchangeable Format (GIF) "Blinking Guy" atau "Blinking White Guy" memanfaatkan ketenarannya untuk menggalang dana sumbangan untuk penelitian penyakit Sclerosis.

Jika Anda merupakan pengguna media sosial dan internet yang aktif dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan Anda pernah melihat wajah Drew Scanlon.

Wajahnya kerap muncul sebagai meme atau GIF di media sosial. GIF yang paling populer menampakkan seorang pria kulit putih pirang bermata biru berkedip, mengekspresikan rasa tak percaya. Meme dan GIF itu telah beredar luas di media sosial dan mewakili ekspresi para warganet.

Melansir Time, Kamis (23/9/2021), Drew Scanlon mengajak warganet yang telah mendapatkan kegembiraan dengan menggunakan gambar wajahnya di internet, untuk menyumbang ke National Multiple Sclerosis Society.

National Multiple Sclerosis Society merupakan perhimpunan kolektif untuk penelitian dan advokasi penyakit multiple sclerosis (MS) atau sklerosis ganda, suatu penyakit yang menyebabkan gangguan saraf pada otak, mata, dan tulang belakang.

Teman dan keluarganya penderita MS

Kepedulian Scanlon untuk penyakit sklerosis ganda ini bukan tanpa alasan. Dua teman dekatnya dan salah satu keluarganya menderita sklerosis ganda.

Penyakit yang menyerang sistem saraf pusat ini mengganggu komunikasi antara otak dan tubuh penderitanya.

Ia berharap, dengan ketenaran wajahnya sebagai meme atau GIF, Scanlon bisa membantu orang lain.

Jika GIF ini pernah memberi Anda kegembiraan di masa lalu, saya dengan rendah hati meminta Anda untuk mempertimbangkan untuk memberikan donasi ke National MS Society. Itu akan sangat berarti bagi saya dan bagi mereka yang saya kenal terkena penyakit ini!,” tulisnya di Twitter.

Hingga Minggu (26/9/2021) sore, twitnya mendapat lebih dari 160.000 likes, lebih dari 50.000 retweet, dan 1.145 kutipan twit.

Dana yang terkumpul

Ternyata, ini  bukan pertama kali Scanlon mengumpulkan dana untuk penelitian dan advokasi penyakit sklerosis ganda.

Tahun ini, Scanlon mengumpulkan lebih dari 75.000 dollar atau sekitar Rp 1 miliar. Dana ini jauh lebih besar daripada penggalangan dua tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019, Scanlon berhasil menggalang dana hampir 34.000 dollar atau sekitar Rp 485 juta. Itu merupakan pertama kalinya Scanlon menggunakan meme dan GIFnya untuk penggalangan dana.

Secara keseluruhan, Scanlon berhasil mengumpulkan lebih dari 154.000 dollar atau sekitar Rp 2,1 miliar untuk National Multiple Sclerosis Society sejak 2016.

Awal mula meme

Diberitakan AP News, Kamis (23/9/2021), pria berusia 35 tahun ini bekerja sebagai produser di pengembang video game Digital Eclipse yang berbasis di California.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com