Kompas.com - 26/09/2021, 17:25 WIB
Kerontokan rambut yang dibiarkan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kebotakan. FREEPIKKerontokan rambut yang dibiarkan berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kebotakan.

KOMPAS.comRambut rontok bisa menjadi momok yang menakutkan jika kita tidak segera mencari cara untuk mengatasinya.

Selain mengganggu kenyamanan, rambut rontok bakal mengusik kepercayaan diri lantaran merusak penampilan.

Terdapat sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan rambut rontok. Mulai dari kurang asupan gizi, perubahan hormon, efek samping obat, stres, faktor usia, termasuk kebiasaan buruk.

Meski banyak produk-produk perawatan rambut kimiawi, alangkah lebih baik jika Anda mencoba cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut ialah beberapa bahan yang mampu mengatasi rambut rontok secara alami. Oleskan bahan-bahan ini pada kulit kepala.

Baca juga: 8 Penyebab Rambut Rontok

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memang tidak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam, tapi bisa membantu meredakannya.SHUTTERSTOCK/SOMMAI Gel lidah buaya memang tidak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam, tapi bisa membantu meredakannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari buku Beauty Clopedia: 110 Rahasia Cantik Alami (2019) oleh ©Go Dok, lidah buaya terbukti mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk menghitamkan helaian rambut.

Tak hanya itu, kandungan vitamin dalam lidah buaya itu mampu merangsang pertumbuhan rambut baru, sekaligus memperbaiki jaringan rambut yang rusak.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala minimal 2 kali dalam seminggu sebagai upaya mengatasi rambut rontok.

2. Teh hijau dan daun seledri

Kombinasi teh hijau dan seledri dilaporkan mampu meredakan rambut rontok seketika. Sebab dalam dua bahan tersebut terkandung senyawa antioksidan serta vitamin A dan vitamin B yang baik untuk menguatkan akar rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau daun seledri, yakni:

  • Seduh teh hijau dan seledri secara bersamaan
  • Oleskan air seduhan ke kulit kepala
  • Setelah tunggu beberapa saat, bilas dengan air dingin
  • Ulangi langkah tersebut minimal 2 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan

Baca juga: Mengapa Covid-19 Bisa Sebabkan Rambut Rontok?

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat membantu mengatasi rambut rontok karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut seperti, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi dan kalsium.

  • Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun, yakni:
  • Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata
  • Pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam
  • Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan shampoo seperti keramas biasa
  • Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe secara alami.SHUTTERSTOCK Minyak kelapa bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.