Kompas.com - 25/09/2021, 08:06 WIB
Rumah warga yang dibangun oleh Baginda Jamaludin memiliki ciri khas, yakni bertuliskan Angling Dharma di bagian atasnya. KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINRumah warga yang dibangun oleh Baginda Jamaludin memiliki ciri khas, yakni bertuliskan Angling Dharma di bagian atasnya.

KOMPAS.com - Warganet dihebohkan kemunculan seseorang disebut raja yang membangun puluhan rumah dan tempat dengna nama rumah Angling Dharma di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Mengutip Kompas.com, lokasi tempat yang disebut sebagai kerajaan ini berada di Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang.

Berikut ini fakta-fakta menarik mengenai munculnya kerajaan Angling Dharma dan siapa sosok yang disebut sebagai raja tersebut.

Gambaran kerajaan Angling Dharma

Dari pantauan Rabu (22/9/2021), rumah Angling Dharma tersebut terletak di pinggir Jalan Raya Mandalawangi.

Rumah tersebut luas dengan gapura setinggi empat meter tertulis "Indonesia Amana Tentram Gemah Ripah Loh Jinawi".

Bangunan utama rumah bercat putih, pada bagian atas terdapat tulisan dengan ukuran besar tertulis "Angling Dharma", juga ada bendera Merah Putih berkibar di halaman bangunan utama.

Baca juga: Fakta Rumah Angling Dharma di Pandeglang, Sudah Ada sejak 2002 dan Memiliki Ciri Khusus

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Benarkah ada kerajaan Angling Dharma?

Menjawab banyaknya isu mengenai kerajaan Angling Dharma, Ki Jamil Badranaya yang mengaku sebagai juru bicara, mengatakan rumah itu dihuni oleh sejumlah orang.

Pemilik rumah itu adalah 82 tahun bernama Sultan Jamaludin Firdaus.

Dia keberatan rumah itu dikatakan sebagai kerajaan dan memanggil raja pemiliknya.

"Saya klarifikasi yang ramai keberadaan Kerajaan Angling Dharma di Pandeglang, sebetulnya itu tidak ada. Beliau tidak mendirikan kerajaan atau ada kerajaan di sana. Beliau bekerja di bidang sosial," kata Jamil kepada wartawan di Mandalawangi, Rabu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.