Kompas.com - 24/09/2021, 19:45 WIB
Tes SKD CPNS formasi Pemkot Semarang di Unnes, Senin (20/9/2021). KOMPAS.com/RISKA FARASONALIATes SKD CPNS formasi Pemkot Semarang di Unnes, Senin (20/9/2021).

KOMPAS.com - Di media sosial, ada yang menanyakan mengapa hasil tes antigen dari puskesmas tidak bisa dipakai untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Unggahan tersebut dibagikan akun Facebook ini, Jumat (24/9/2021).

"Kenapa hasil Test Antigen di Puskesmas tidak bisa dipakai utk mengikuti tes CPNS???," demikian narasi yang tertulis pada unggahan itu. 

Pada kolom komentar, sejumlah warganet mempertanyakan kebenaran informasi itu. Pengunggah pun memberikan penjelasan tambahan.

"Iya, saya diarahkan ke klinik yg katanya sudah ditunjuk utk melaksanakan rapid oleh pihak puskesmas. Mungkin lain daerah lain aturan," tulis pengunggah menjawab pertanyaan salah satu warganet.

Baca juga: Link, Daftar Peserta, dan Jadwal SKD CPNS 2021 Kemendikbud Ristek di 24 Provinsi

Benarkah hasil tes antigen dari puskesmas tidak bisa digunakan saat SKD CPNS 2021?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjelasan BKN

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, hasil tes antigen dari puskesmas itu kemungkinan telah kadaluwarsa sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Satya menyebutkan, tidak ada larangan bagi peserta SKD CPNS untuk melakukan tes antigen di puskesmas.

"Tidak ada (larangan). Kalau tes antigen kan 1x24 jam, mungkin kadaluwarsa. Kalau peserta bawa bukti yang valid boleh kok," ujar dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/9/2021).

Selain tes antigen, peserta juga dapat menggunakan hasil swab PCR dengan hasil negatif Covid-19 sebagai syarat mengikuti SKD CPNS 2021.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.