Kompas.com - 24/09/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi sekolah tatap muka.

KOMPAS.com - Pembelajaran tatap muka (PTM) di berbagai daerah telah dimulai. Pasca digelarnya pembelajaran tatap muka, muncul klaster-klaster sekolah.

Melansir Kompas.tv, Jumat (24/9/2021), menurut data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), berdasarkan wilayah, klaster pembelajaran tatap muka terbanyak terjadi di Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan data 23 September 2021, ada 1.302 klaster sekolah. Klaster terbanyak di Sekolah Dasar dengan 583 klaster; PAUD 251 klaster, SMP 244 klaster, SMA 109 klaster, SMK 70 klaster, dan SLB 13 klaster.

Meski klaster sekolah merebak, tetapi Mendikbudristek Nadiem Makarim menegaskan sekolah tatap muka tidak akan dihentikan.

Baca juga: Tanggapan Resmi Kemendikbud Ristek Terkait Isu Klaster PTM Terbatas

Evaluasi epidemiolog

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, menyarankan. sebaiknya ada penundaan PTM bagi daerah yang memiliki klaster di sepertiga dari total sekolah di daerah.

"Untuk daerah yang memiliki klaster di 1/3 sekolah yang ada, sebaiknya ditunda 2 minggu guna evaluasi dan juga 3T karantina," kata Dicky kepada Kompas.com, Jumat (24/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, pembelajaran tatap muka harus dihentikan jika ditemukan dua atau lebih kasus yang secara epidemiologis terkait dengan kasus indeks yang kemungkinan tertular infeksi SARS-CoV-2 di sekolah.

Untuk mencegah potensi penyebaran dengan cepat dan tidak terkendali, disarankan ada penutupan minimal 14 hari.

Dicky juga menjelaskan, dalam komunitas yang mengalami peningkatan insiden Covid-19 yang cepat atau terus-menerus atau beban kapasitas perawatan kesehatan yang parah, sekolah dapat memutuskan untuk sementara waktu menutup sekolah.

Hal ini perlu di dilakukan hingga tingkat penularan komunitas stabil.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.