WHO dan UNICEF Desak Indonesia Buka Sekolah Tatap Muka, Ini Kata IDAI

Kompas.com - 22/09/2021, 13:00 WIB
Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh saat meninjau uji coba pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di SMP N 6 Karawang, Kamis (16/9/2021). KOMPAS.COM/FARIDAWakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh saat meninjau uji coba pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di SMP N 6 Karawang, Kamis (16/9/2021).

KOMPAS.com - Indonesia didesak kembali mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM) setelah selama 18 bulan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (21/9/2021), desakan tersebut datang dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak-anak (UNICEF).

Menurut WHO, penutupan sekolah tidak hanya berdampak pada pembelajaran siswa, tetapi juga pada kesehatan dan menghambat perkembangan anak.

Dampak negatif itu dikhawatirkan akan menimbulkan efek jangka panjang bagi anak, apabila PJJ terus diperpanjang.

Sementara itu, perwakilan UNICEF Debora Comini menyampaikan, sekolah bagi anak-anak lebih dari sekadar ruang kelas.

Sekolah memberikan pembelajaran, persahabatan, keamanan dan lingkungan yang sehat.

Menurut dia, semakin lama anak-anak tidak bersekolah, maka mereka tak lagi mendapatkan hal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ketika pembatasan Covid-19 dilonggarkan, kita harus memprioritaskan pembukaan kembali sekolah yang aman sehingga jutaan siswa tidak menderita kerugian seumur hidup pada pembelajaran dan potensi mereka,” kata dia.

Baca juga: Tidak Benar, Internet Akan Mati 6 Hari akibat Perbaikan Kabel Bawah Laut

Tanggapan IDAI

Sehubungan dengan adanya desakan dari WHO dan UNICEF agar Indonesia kembali membuka pembelajaran di sekolah, Sekretaris Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Catharine Mayung Sambo mengatakan, pendapat IDAI mengenai pembukaan sekolah masih belum berubah.

Mayung menyebutkan, IDAI telah merilis pandangan terkait pembukaan sekolah pada 27 Agustus 2021. Pandangan itu diunggah di laman resmi IDAI di www.idai.or.id

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.