Kompas.com - 18/09/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi tabung gas. KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi tabung gas.

KOMPAS.com - Para pengguna gas elpiji tentu tahu bahwa terdapat lingkaran berwarna merah pada bagian bawah mulut tabung.

Akan tetapi, tak banyak yang tahu arti atau fungsi dari lingkaran merah itu. Bahkan, sempat beredar kabar bahwa lingkaran merah pada tabung LPG 3 kg itu adalah peringatan ledakan.

Belakangan, kabar itupun dinyatakan sebagai hoax. Lalu, apa sebenarnya arti warna merah pada tabung LPG?

Dilansir dari Antara melalui KOMPAS.com, Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari menjelaskan, lingkaran merah di tabung LPG merupakan penanda bahwa produk tersebut masuk dalam kategori mudah terbakar.

Simbol warna merah tersebut dibuat karena Pertamina mengikuti aturan yang ditetapkan pada produk berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dalam aturan SNI, produsen yang memproduksi barang mudah terbakar harus menyertakan simbol warna merah pada kemasan produk.

Baca juga: Seputar Kartu Sembako yang Jadi Syarat Beli Gas Elpiji 3 Kg Mulai Tahun 2022

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara memilih tabung gas LPG yang aman

Andar mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tabung gas LPG yang dipilih masih aman atau tidak.

Cara pertama untuk mengetahui tingkat keamanan tabung gas LPG adalah dengan memastikan tidak mengalami kebocoran. Ciri tabung gas yang mengalami kebocoran adalah adanya aroma gas yang cukup kuat dari tabung.

Jika baunya tidak terlalu kuat, untuk memastikannya, coba rendam tabung LPG di dalam air. Bila muncul gelembung, itu artinya terdapat kebocoran pada tabung LPG.

Ciri lain dari tabung gas yang tidak aman adalah adanya bunyi mendesis di regulator, terdapat bunga es pada titik kebocoran, dan muncul gelembung saat titik kebocoran diusap dengan air sabun.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kartu Sembako, Syarat Beli Elpiji 3 Kg Mulai 2022

Untuk memastikan keamanannya, pengguna tabung gas LPG diharuskan membeli tabung dengan segel yang masih terkunci rapat.

(Penulis: Muhammad Idris)

Sumber: KOMPAS.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.