Kompas.com - 16/09/2021, 09:00 WIB
Ada cara tertentu dalam menyeduh teh agar tercipta secangkir teh yang wanginya sempurna. Unsplash/Andriyko PodilnykAda cara tertentu dalam menyeduh teh agar tercipta secangkir teh yang wanginya sempurna.

KOMPAS.com - Menyeduh teh tubruk sekilas terlihat gampang. Padahal jika ada kesalahan yang Anda lakukan, wangi dan legit teh tak akan Anda dapatkan.

Disebut seduhan tubruk lantaran ketika menyeduhnya, akan ada ranting dan daun teh kering yang bertubrukan atau bertabrakan dengan air panas yang dikucurkan ke dalam gelas.

Tubrukan ini membuat dedauan teh kering ini akan mengambang, dan wangi serta pigmen warnanya akan memengaruhi air panas yang ada.

Dilansir dari berbagai sumber, menyeduh teh tak hanya asal menuangi dedaunan teh dengan air panas. Ada cara-cara tertentu yang membuat seduhan teh tersaji legit dan wangi sempurna.

Baca juga: Sejarah Kantung Teh, dari Kain Sutra Menjadi Kertas Filter Berpori Halus

Langkah menyeduh teh tubruk

Berikut ini adalah cara tepat menyeduh teh:

1.  Seduh dengan air dingin yang belum pernah dididihkan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jangan menyeduh teh menggunakan air yang sudah pernah dididihkan sebelumnya. Unsplash/Harry Cunningham Jangan menyeduh teh menggunakan air yang sudah pernah dididihkan sebelumnya.
Dilansir dari Huffpostkesalahan yang paling sering terjadi adalah menyeduh teh menggunakan air di dalam ceret yang sudah pernah dididihkan terlebih dahulu sebelumnya.

Air yang didihkan berulang sudah berkurang kadar oksigennya. Dan untuk menyeduh teh agar wanginya keluar dengan maksimal, dibutuhkan air panas yang masih tinggi kadar oksigennya.

Jadi agar seduhan teh tubruk Anda mantap, gunakan air dingin yang mengalir dari keran bukan air hangat yang dipanaskan ulang.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Teh dari Keramik Set

2.  Jangan menyeduh teh dengan air yang baru turun dari api

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.