Mengenal Sejarah Komestik dan Jenis-jenis Kosmetik Masyarakat Kuno

Kompas.com - 03/09/2021, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Kosmetik bukan barang baru. Usaha manusia untuk memperbaiki atau memperindah penampilan sudah bermula sejak ribuan tahun yang lalu. 

Sekitar 6000 tahun yang lalu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal kosmetik untuk digunakan sebagai pelengkap menyembah dewa-dewa.

Pigmen warna tambahan sudah digunakan di masa itu. Dibuat untuk membuat eyeliner dan eye shadow warna hijau yang melambangkan dewa Horus juga Re, dan dipakai baik oleh wanita maupun laki-laki.

Dilansir dari Britannica, soal kosmetik juga sudah disebutkan oleh beberapa kitab suci, salah satunya adalah di Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru milik kaum Yahudi dan Nasrani.

Yaitu tertulis di ayat Injil Yeremiah, yang turun sekitar 627 Sebelum Masehi. Di situ tertulis sebuah pertentangan yang memprotes penggunaan baju, perhiasan dan cat pada kelopak mata yang digunakan sebagai pelengkap manusia-manusia kuno menyembah dewa. 

Baca juga: Simpan Kosmetik dengan Cara ini Agar Produk Tak Mudah Rusak

Mengenal kosmetik bangsa kuno

Ilustrasi kosmetik.UNSPLASH/RAPHAEL LOVASKI Ilustrasi kosmetik.
Dalam banyak catatan sejarah, bangsa Mesir Kuno dikatakan sudah mengenal kosmetik yang digunakan sebagai pelengkap manusia dalam melakukan banyak ritual kepercayaan.

Kosmetik juga mereka gunakan untuk mendandani manusia yang sudah mati, agar penampilannya sempurna dalam menghadap para dewa.

Di abad ke-12 ditemukan bukti-bukti bahwa wanita Mesir sudah mewarnai bibirnya dengan berbagai pigmen alam yang banyak ditemukan di sekitar mereka.

Nefertiti, permaisuri agung dari Fir'aun, diceritakan selalu mewarnai kelopak matanya dengan pigmen alam green malachite dan black galena.

Sedangkan ratu Nefertari, mewarnai pipinya agar merona ranum dengan pigmen alam yang ia dapatkan dari campuran berbagai sayur mayur dan batu mineral.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.