Kompas.com - 30/08/2021, 09:30 WIB
Sejarah lipstik dari masa ke masa, dari simbol status hingga simbol kecantikan. Unsplash/DidssphSejarah lipstik dari masa ke masa, dari simbol status hingga simbol kecantikan.

KOMPAS.com - Lipstik adalah senjata andalan wanita dari masa ke masa. Tanpa lipstik, bibir wanita tak akan tampak merah juga menggoda.

Sejak kapankah wanita mengenal si pemerah bibir ini?

Jika ingin menelusuri sejarah lisptik, agaknya kita perlu kembali ke ribuan tahun yang lalu.

Berbagai catatan sejarah menyatakan bahwa lipstik sudah lahir sejak 3.500 sebelum Masehi di tengah-tengah masyarakat Sumeria Kuno.

Bahkan, ada pula catatan sejarah yang mengatakan bahwa lipstik sudah ada sejak tahun 5.000 SM. Tepatnya di selatan Mesopotamia, di kalangan masyarakat kuno yang belum mengenal peradaban modern sama sekali.

Baca juga: Lipstik Patah Jangan Dibuang, Ikuti Tips Berikut Ini

Lahirnya lipstik di zaman kuno

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Dilansir dari Southern Living, lipstik yang digunakan oleh wanita Sumeria Kuno terbuat dari bebatuan alam, yaitu batu permata yang berwarna merah menyala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Batu permata ini kemudian ditumbuk dan serbuknya digunakan untuk mewarnai bibir para wanita di masa itu.

Di kebudayaan Mesir Kuno, para wanita makin kreatif dengan mencari batu alam dengan warna yang berbeda-beda. Sehingga, bibir masing-masing wanita memiliki warna kesukaan masing-masing.

Ratu Cleopatra sendiri diceritakan memiliki bibir yang merah merona berkat pigmen warna dari bahan serangga tertentu yang dicampur dengan pasta dari bahan mineral alami.

Wanita zaman kuno mencari pigmen warna dari bahan-bahan yang ada di sekitar mereka. Mulai dari bebatuan alam, serangga yang mengeluarkan cairan berwarna, kulit ikan, bahan botani, hingga masih banyak lagi.

Baca juga: Sejarah Perhiasan, Perubahan Fungsi Pakai dari Masa ke Masa

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.