Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Jadwal dan Kisi-kisi Materi Soal SKD CPNS 2021

Kompas.com - 24/08/2021, 18:25 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk menjaring calon aparatur sipil negara (CASN) rencananya akan digelar mulai 2 September 2021.

Informasi tersebut tertuang dalam surat BKN bernomor 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 itu, disebutkan bahwa SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru tahun 2021, baik untuk instansi pusat maupun daerah.

Meski belum diumumkan secara resmi, tetapi surat yang beredar di media sosial tersebut dikonfirmasi BKN.

"Surat ini benar dari BKN," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: BKN: Jadwal SKD CPNS Dimulai 2 September 2021

Sebelum pelaksanaan SKD, para peserta seleksi bisa mulai mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi soal yang akan diujikan.

Materi SKD CPNS 2021 tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengedaan Pegawai Negeri Sipil.

Materi tersebut meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Berikut kisi-kisinya:

1. Tes wawasan kebangsaan

Soal ujian tes ini akan memcakup penguasaan pengetahuan dan kemampuan pelamar mengemplementasikan beberapa hal, seperti nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara.

a. Nasionalisme

Tujuan tes ini agar peserta seleksi mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Baca juga: Syarat Tes CPNS 2021: Wajib Sudah Divaksin dan Bawa Hasil PCR/Antigen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com