Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Serang Rafah, Erdogan Sumpahi Netanyahu Bernasib seperti Hitler

Kompas.com - 30/05/2024, 08:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengecam serangan Israel yang dilancarkan ke kamp pengungsian Rafah di jalur Gaza selatan, Palestina, Minggu (26/5/2024).

Dia mengutuk keras serangan yang menewaskan 45 orang itu. Erdogan menyumpahi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan bernasib sama dengan diktator Nazi Jerman, Adolf Hitler.

Adolf Hitler merupakan veteran Perang Dunia I (1914-1918) dari Jerman yang memelopori pecahnya Perang Dunia II dengan menyerang Polandia pada 1 September 1939.

Hitler mengakhiri hidupnya bersama istrinya, Eva Braun dengan menelan kapsul sianida dan menembak kepalanya sendiri setelah Jerman kalah dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Ramai soal All Eyes on Rafah di Media Sosial? Apa Artinya?

Erdogan sumpahi Netanyahu seperti Hitler

Menurut Erdogan, Netanyahu akan bernasib sama seperti pemimpin Perang Dunia II itu.

Ia menilai, Netanyahu gagal mengalahkan perlawanan Palestina sehingga memperluas kekuasaannya dengan melakukan genosida di Rafah, Palestina.

"Netanyahu yang diperangi dan jaringan pembunuhnya berusaha memperluas kekuasaannya dengan membantai orang-orang karena mereka gagal mengalahkan perlawanan Palestina,” kata Erdogan, dilansir dari Middle East Monitor.

Dia juga menyebut, Netanyahu tidak akan bisa menyelamatkan dirinya dari keluh kesah seperti Milosevic (mantan orang kuat Yugoslavia Slobodan), Karadzic (napi genosida politisi Serbia Bosnia Radovan), dan Hitler (diktator Jerman). 

Presiden Turkiye itu mencatat, serangan yang dilakukan Israel di Rafah terjadi setelah Mahkamah Internasional (ICJ) memerintahkan penghentian segera operasi Israel di kota tersebut.

Setidaknya, lebih dari 36.000 orang telah menjadi martir di Gaza karena serangan Israel bertubi-tubi.

Martir adalah orang yang meninggal dunia dalam memperjuangkan kebenaran dan kepercayaannya.

Erdogan kembali menegaskan bahwa negaranya akan melakukan apapun untuk memastikan Israel bertanggung jawab atas seluruh serangan ke Palestina.

Baca juga: Israel Serang Kamp Pengungsi di Rafah, 21 Tewas, Bantuan ke Gaza Terhenti

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com