Kompas.com - 08/08/2021, 11:00 WIB
Cokelat memiliki berbagai manfaat kesehatan Unsplash/Tamas PapaCokelat memiliki berbagai manfaat kesehatan

KOMPAS.com - Banyak mitos salah yang beredar soal cokelat. Salah satunya adalah yang mengatakan bahwa cokelat bisa menambah timbangan lemak, dan bahwa cokelat bisa membahayakan kesehatan jantung manusia.

Karena fakta yang ada sebenarnya adalah, tak apa sesekali mengonsumsi cokelat, asal dilakukan di waktu yang tepat.

Sekeping kecil cokelat setiap hari justru bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Insider, beberapa studi klinis sudah mendukung penemuan ini. Bahwa jika dikonsumsi dalam porsi dan waktu yang tepat, cokelat justru bisa menyehatkan tubuh.

Hal ini lantaran cokelat mengandung antioksidan tinggi yang bisa menyehatkan jantung, otak dan kulit, juga mengobati dan mengatasi kelelahan serta depresi.

Baca juga: 4 Manfaat Kesehatan Cokelat Hitam, Apa Saja?

Cokelat bisa membakar lemak

.Unsplash/Tamas Papa .
Dalam penelitian terbaru yang dilakukan terhadap 19 wanita paruh baya, ditemukan fakta bahwa mengonsumsi cokelat setelah bangun tidur atau satu jam sebelum tidur bisa menurunkan atau membakar lemak secara signifikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama dua minggu, subjek penelitian diberi 85 gram milk chocolate setiap hari, yang harus dikonsumsi bersamaan dengan sejumput garam.

Milk chocolate sendiri lebih kaya lemak, gula dan kalori daripada dark chocolate.  Meski begitu, dari percobaan yang dilakukan, subjek penelitian tak bertambah berat badannya sedikit pun. 

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Cokelat

Berat tetap stabil, dan massa otot malah bertambah yang menandakan bahwa kumpulan lemak justru terkikis sedikit demi sedikit.

Dari penelitian tersebut didapat kesimpulan bahwa makan secuil cokelat, terutama satu jam setelah bangun tidur, bisa mencegah rasa lapar datang lebih sering. 

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.