7 Manfaat Daging Kambing bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 17/07/2021, 16:46 WIB
Ilustrasi daging kambing mentah yang akan dimasak dengan rempah khas Indonesia. SHUTTERSTOCK/SRI WIDYOWATIIlustrasi daging kambing mentah yang akan dimasak dengan rempah khas Indonesia.

KOMPAS.com - Kuliner olahan daging kambing banyak disajikan ketika perayaan Hari Raya Idul Adha. Nah, jelang Hari Raya Idul Adha ini, tahukah kamu bahwa daging kambing juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Selain dikenal karena kelezatannya, daging kambing memang diidentikan dengan makanan yang bisa memicu kolesterol hingga darah tinggi. Tapi apakah memang benar demikian?

Baca juga: 5 Cara Membuat Daging Empuk, Cukup Pakai Bahan Alami

Melansir laman Live Strong, daging kambing ternyata memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah daripada daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing mengandung sekitar 109 kalori dan 20,6 gram protein.

Sementara itu, kandungan lemaknya hanya mencapai dua gram saja. Daging kambing juga rendah kolesterol dan tidak mengandung karbohidrat.

Namun perlu diingat, daging yang dimaksud ialah murni daging merah tanpa jeroan seperti usus, babat, atau otak.

Sedangkan untuk mitos yang menyebutkan daging kambing sebagai pemicu tekanan darah tinggi, tidaklah sepenuhnya benar. Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Johanes Chandrawinata, SpGK menuturkan, mitos tersebut sudah usang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Justru, kata dia, mengonsumsi satu kilogram daging kambing tidak akan mendatangkan darah tinggi. "Kambing cukup sehat asal dagingnya saja, bukan dibarengi dengan jeroan seperti babat, otak, dan usus," kata Johanes saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Nutrisi daging kambing

Selain mengandung lemak dan kolesterol yang lebih rendah, daging kambing juga mengandung zat besi bermanfaat dan potasium yang bisa berguna untuk menstabilkan jantung.

Tak hanya itu, kadar natrium dalam daging kambing juga tergolong rendah sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan tekanan darah.

Mesk begitu, dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Food Protection 2015 membuktikan daging kambing mengandung sejumlah patogen berbahaya bagi kesehatan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.