Kompas.com - 08/08/2021, 08:00 WIB
Tangkapan layar video viral langit terbelah di Pacitan, Jawa Timur. FACEBOOKTangkapan layar video viral langit terbelah di Pacitan, Jawa Timur.

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan fenomena alam disebut "langit terbelah" di Pacitan, Jawa Timur, menjadi viral di media sosial.

Video berdurasi 58 detik tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook bernama Pacitah Network pada Sabtu (7/8/2021).

"Fenomena Langit Di Pacitan Jawa Timur," tulis pemilik akun tersebut.

Perekam video juga terdengar memberikan pernyataan yang berisi penjelasan mengenai fenomena alam tersebut. Berikut narasinya:

"Fenomena langit terbelah oleh mega di Kabupaten Pacitan hari ini tanggal 6 Agustus, sangat cantik ini, seperti ombak, seperti kayak ada badai gitu di mana membelah memisahkan dari Timur kemudian Barat".

Hingga Minggu (8/8/2021), unggahan video tersebut telah disukai 42 kali dan disaksikan 1.600 kali oleh warganet di Facebook.

Baca juga: Ramai soal Badai dari Australia Disebut Akan Menerjang NTT, Ini Faktanya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keberadaan video tersebut membuat sejumlah warganet berspekulasi bahkan percaya fenomena itu merupakan pertanda akan terjadinya gempa bumi.

Lantas, bagaimana penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)?

Baca juga: Ramai Video Helikopter Dibiarkan Berkeliling Kibarkan Bendera China, Ini Faktanya

Dua dugaan

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono memberikan penjelasan soal fenomena penampakan awan putih yang membentuk garis panjang bak membelah langit.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.