Jokowi Temui Stok Obat Covid-19 Kosong, Ini Kata Kemenkes

Kompas.com - 24/07/2021, 20:10 WIB
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo mengecek ketersediaan sejumlah obat perawatan Covid-19 di Apotek Villa Duta di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021) sore. Kompas.com/Fitria Chusna FarisaFoto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: Presiden Joko Widodo mengecek ketersediaan sejumlah obat perawatan Covid-19 di Apotek Villa Duta di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021) sore.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan blusukan ke apotek-apotek di wilayah Bogor untuk mencari obat yang biasa digunakan dalam penanganan pasien Covid-19.

Namun, mantan Wali Kota Solo ini tidak menemukan sejumlah obat yang dicarinya.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mencari oseltamivir, gentromicyn, favipiravir, dan mulitivitamin yang digunakan dalam penanganan infeksi corona.

“Pak, ini saya cari obat antivirus oseltamivir enggak ada. Cari lagi yang obat antivirus yang Favipirapir juga enggak ada. Kosong. Saya cari obat antibiotik Azithromycin juga enggak ada,” ujar Jokowi dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/7/2021) malam.

Baca juga: Layanan Telemedicine Diperluas di 8 Kota, Ini Alur, Cara, hingga Jenis Obatnya

Tanggapan Kemenkes

Saat dikonfirmasi terkaik stok obat yang kosong, Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi mengatakan bahwa jenis-jenis obat terutama yang impor memang tersedia secara terbatas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Memang ada beberapa obat Covid-19 terutama yang impor ini ketersediaannya sangat terbatas ya seperti remdisivir, tocilizumab dan IVIG,” ujar Nadia melalui WhatsApp, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Nadia, banyak negara produsen yang juga membatasi dikarenakan menjadi stok di negara mereka sendiri.

Nadia mengungkapkan, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan, maka pihaknya mendorong produksi obat-obatan untuk Covid-19.

Baca juga: Kapal Pelni Jadi Tempat Isoman di Makassar, Intip Fasilitasnya...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.