Sinyal iPhone Hilang? Coba Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Kompas.com - 24/07/2021, 16:31 WIB
ilustrasi iPhone user The Vergeilustrasi iPhone user

KOMPAS.com - Sinyal iPhone hilang setelah penggunanya melakukan pembaruan sistem operasi ke iOS 14.7 yang baru dirilis Apple, Rabu (21/7/2021).

Masalah itu dikeluhkan sejumlah pemilik iPhone.

Ada yang menduga bahwa sinyal iPhone hilang karena dampak dari pembersihan (cleansing) IMEI mesin Central Euqipment Identity Register (CEIR).

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang membersihkan IMEI karena kapasitas mesin CEIR untuk blokir ponsel Ilegal atau black market (BM) itu penuh.

Baca juga: Bocoran iPhone SE 3, Meluncur Awal 2022?

Keluhan sinyal iPhone hilang disampaikan ke pengguna ke sejumlah penjual perangkat Apple. Mereke mengeluhkan sinyal mendadak hilang atau No Service. Padahal sebelumnya iPhhone mereka normal.

Cara mengatasi sinyal iPhone hilang

Ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah sinyal iPhone hilang. Cara tersebut dilakukan baik oleh penjual maupun inisiatif pengguna yang dirangkum dari Kompas Tekno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pemilik iPhone mendatangi penjual sebelumnya dan meminta untuk registrasi ulang IMEI.

2. Menghidupkan dan mematikan fitur Airplae Mode selama 15 detik. Kemudian melakukan reset Netrwok dan me-restart iPhone.

3. Jika dua cara tadi masih gagal, pengguna disarankan menghubungi layanan operator seluler masing-masing untuk mengatasi masalah sinyal iPhone hilang.

Cara terakhir dengan menghubungi layanan operator seluler disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Facys.

ATSI sendiri adalah asosiasi yang mengelola mesin CEIR dan bekerja sama dengan Kemenperin.

Sebelumnya, keluhan serupa dialami pengguna iPhone resmi. Mereka mengeluhkan IMEI-nya terkena blokir, padahal mereka membeli perangkat dari Apple itu secara legal dari toko resmi.

Baca juga: Hati-hati, Ada Celah Keamanan di WiFi iPhone

Setelah ditelusuri, masalah itu terjadi karena proses input nomor IMEI gagal akibat kapasitas mesin CEIR penuh.

Kini kapasitas mesin CEIR kembali lega setelah dibersihkan (cleasing). (Sumber Kompas Tekno/ Penulis: Wahyunanda Kusuma Pertiwi/ Editor: Reza Wahyudi)


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.