Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal iPhone Hilang? Coba Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya

Kompas.com - 24/07/2021, 16:31 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Sinyal iPhone hilang setelah penggunanya melakukan pembaruan sistem operasi ke iOS 14.7 yang baru dirilis Apple, Rabu (21/7/2021).

Masalah itu dikeluhkan sejumlah pemilik iPhone.

Ada yang menduga bahwa sinyal iPhone hilang karena dampak dari pembersihan (cleansing) IMEI mesin Central Euqipment Identity Register (CEIR).

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang membersihkan IMEI karena kapasitas mesin CEIR untuk blokir ponsel Ilegal atau black market (BM) itu penuh.

Baca juga: Bocoran iPhone SE 3, Meluncur Awal 2022?

Keluhan sinyal iPhone hilang disampaikan ke pengguna ke sejumlah penjual perangkat Apple. Mereke mengeluhkan sinyal mendadak hilang atau No Service. Padahal sebelumnya iPhhone mereka normal.

Cara mengatasi sinyal iPhone hilang

Ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah sinyal iPhone hilang. Cara tersebut dilakukan baik oleh penjual maupun inisiatif pengguna yang dirangkum dari Kompas Tekno.

1. Pemilik iPhone mendatangi penjual sebelumnya dan meminta untuk registrasi ulang IMEI.

2. Menghidupkan dan mematikan fitur Airplae Mode selama 15 detik. Kemudian melakukan reset Netrwok dan me-restart iPhone.

3. Jika dua cara tadi masih gagal, pengguna disarankan menghubungi layanan operator seluler masing-masing untuk mengatasi masalah sinyal iPhone hilang.

Cara terakhir dengan menghubungi layanan operator seluler disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Facys.

ATSI sendiri adalah asosiasi yang mengelola mesin CEIR dan bekerja sama dengan Kemenperin.

Sebelumnya, keluhan serupa dialami pengguna iPhone resmi. Mereka mengeluhkan IMEI-nya terkena blokir, padahal mereka membeli perangkat dari Apple itu secara legal dari toko resmi.

Baca juga: Hati-hati, Ada Celah Keamanan di WiFi iPhone

Setelah ditelusuri, masalah itu terjadi karena proses input nomor IMEI gagal akibat kapasitas mesin CEIR penuh.

Kini kapasitas mesin CEIR kembali lega setelah dibersihkan (cleasing). (Sumber Kompas Tekno/ Penulis: Wahyunanda Kusuma Pertiwi/ Editor: Reza Wahyudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com