Kompas.com - 11/07/2021, 20:32 WIB
Ilustrasi potongan daging sapi paha depan atau chuck meat. SHUTTERSTOCK/MIRONOV VLADIMIRIlustrasi potongan daging sapi paha depan atau chuck meat.

KOMPAS.com - Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Momen lebaran haji tentu identik dengan daging kurban.

Pada Hari Raya Idul Adha, masyarakat akan menerima daging dari pihak yang melaksanakan ibadah kurban, baik itu daging sapi, kerbau, domba, maupun kambing.

Tak semua orang langsung mengolah dan mengonsumsi daging kurban yang didapat dalam waktu sehari. Banyak di antaranya yang memilih menyimpannya untuk dimasak pada kemudian hari.

Akan tetapi, mungkin masih banyak orang yang belum tahu, berapa lama daging kurban bisa disimpan dan tetap aman saat dikonsumsi?

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (29/7/2020), menjawab pertanyaan tersebut, Dokter spesialis gizi, dr Raissa Edwina Djuanda mengatakan, daging kurban bisa disimpan selama dua sampai tiga bulan dan tetap aman saat dikonsumsi.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Daging di Dalam Kulkas dengan Benar

Dengan catatan, daging kurban yang belum diolah disimpan di dalam lemari pembeku atau freezer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika ingin lebih lama (menyimpan), dapat dimasukkan ke dalam freezer. Dalam freezer dapat disimpan hingga dua sampai tiga bulan," kata dr Raissa.

Dia menjelaskan, ketahanan daging kurban yang disimpan di dalam freezer tidak sama dengan yang disimpan di dalam kulkas.

Daging yang disimpan di dalam kulkas hanya mampu bertahan selama satu atau dua hari saja, kecuali daging itu telah diolah terlebih dahulu.

"Daging olahan seperti bacon, ham, sosis, kornet, dapat bertahan hingga satu minggu," ungkapnya.

Baca juga: Simak Manfaat dan Risiko Diet Karnivora, Cocok bagi Penyuka daging

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.