Jangan Asal Konsumsi, Cermati Ciri Daging Ayam yang Sudah Tak Layak Makan

Kompas.com - 26/04/2021, 16:00 WIB
Mencermati ciri daging ayam yang segar shutterstockMencermati ciri daging ayam yang segar

KOMPAS.com - Hati-hati jika ingin mengonsumsi daging ayam segar dan daging ayam olahan yang lama tersimpan di dalam kulkas. Bisa jadi, daging tersebut sudah tak lagi layak dikonsumsi.

Di bulan puasa seperti sekarang ini, wajar jika lemari pendingin penuh dengan bahan mentah dan sajian matang sisa hari sebelumnya. 

Lemari pendingin biasanya bisa mengawetkan makanan selama paling tidak beberapa hari lamanya.

Namun jika kondisi bahan makanan sudah tak begitu segar sebelum disimpan, maka masa simpan di lemari pendingin ini tak bisa lama.

Bahan makanan yang mengandung protein hewani seperti daging-dagingan, adalah bahan makanan yang gampang membusuk jika tak disimpan dan diolah dengan cara yang benar.

Daging ayam misalnya, bisa mengalami perubahan tekstur dan aroma meski sudah diawetkan di dalam freezer.

Makanan yang sudah berubah tekstur ini, tentu saja sangat membahayakan tubuh. Bisa saja beberapa bakteri sudah mencemari serat-serat dagingnya dan mengancam kesehatan saluran cerna kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Daging di Dalam Kulkas dengan Benar

Cara mencermati kesegaran daging ayam mentah

Melansir dari laman Healthline, sebelum Anda akan mengolah daging ayam mentah, sebaiknya cermati dulu kondisi daging yang ada.

Ilustrasi daging ayam organik. SHUTTERSTOCK/NATALI_PLOSKAYA Ilustrasi daging ayam organik.

Ciri daging segar dan sehat adalah memiliki warna pink merona dengan beberapa selaput lemak berwarna keputihan. Daging ayam juga bertekstur empuk dengan permukaan berkilat.

Jadi ketika daging berwarna gelap kehijauan atau abu-abu dengan lapisan lemak berwarna kekuningan, segera singkirkan daging karena itu adalah salah satu tanda daging tak layak makan, sudah di ambang pembusukan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X