Kompas.com - 04/07/2021, 18:40 WIB
Ilustrasi ampas kopi. SHUTTERSTOCK/NOR GALIlustrasi ampas kopi.

KOMPAS.com - Sepintas mungkin tidak ada yang luar biasa dari ampas kopi. Seusai menikmati secangkir kopi, ampas yang tersisa di dasar biasanya langsung dibuang begitu saja.

Namun jangan salah, ternyata ampas dari sisa minuman kopi memiliki manfaat untuk beberapa hal, yang mungkin tidak pernah kamu duga sebelumnya.

Karena itu, ampas kopi yang tersisa di gelas sebaiknya disimpan di sebuah wadah khusus, agar bisa kamu manfaatkan nantinya.

Baca juga: Merawat Tanaman, Pupuk Alami dari Ampas Kopi dan Cangkang Telur

Dikutip dari Kompas Homey, setidaknya ada 10 manfaat ampas kopi yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Apa saja?

1. Menghilangkan bau amis di tangan

Yang pertama adalah menghilangkan bau amis yang menempel di tangan. Bau amis yang muncul sehabis kamu memegang daging atau ikan bisa dihilangkan dengan ampas kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya cukup dengan mencuci tangan di wastafel, lalu tuangkan ampas kopi ke tangan untuk menghilangkan bau amis pada tangan. Selanjutnya bersihkan kembali tangan dengan air bersih.

2. Hilangkan bau di wastafel

Bau tak sedap biasanya kerap muncul di saluran air yang ada di wastafel. Nah, kamu bisa memanfaatkan ampas kopi untuk urusan satu ini.

Caranya gampang, kamu tinggal tuangkan saja ampas kopi ke saluran lubang wastafel saat menghasilkan bau.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.