Kompas.com - 04/07/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi memperkuat sistem imunitas tubuh dengan berolahraga. (iStock/Chee Gin Tan) Ilustrasi memperkuat sistem imunitas tubuh dengan berolahraga.

KOMPAS.com - Kasus infeksi Covid-19 di Indonesia saat ini melonjak tajam. Angka kematian pun meningkat tinggi.

Rumah sakit di berbagai kota penuh, sirine ambulans meraung-raung. Ruas jalan, pusat perbelanjaan, hingga tempat wisata kembali ditutup.

Masyarakat berebut tabung oksigen, obat-obatan, bahkan susu yang dipercaya bisa meningkatkan imun untuk melawan Covid-19.

Di tengah kondisi saat ini, selain berusaha tetap tenang, berbagai upaya harus dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, rutin olahraga, serta menjaga imun tubuh tetap baik merupakan cara berjuang melawan penyebaran Covid-19.

Baca juga: Ahli Gizi UGM: Ini Tips Tingkatkan Imun Tubuh

Dilansir dari KOMPAS.com, Menurut Dr. Toto Sudargo, M.Kes, Ahli Gizi FKKMK UGM, ada banyak cara.menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menyarankan setiap orang untuk rutin olahraga dengan intensitas sedang. Lakukan olahraga 3-5 kali per minggu selama 30-45 menit.

Manfaatnya pun dapat semakin terasa jika olahraga dilakukan di ruang terbuka dengan paparan sinar matahari pagi.

"Neural exercise, misalnya pernapasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran," ujar Toto.

"Selain itu, istirahat yang cukup dan selalu berpikir positif pada hal-hal yang ada di sekitar kita, juga hidup damai dan selalu bahagia," imbuhnya.

Baca juga: Jika Dikonsumsi Berlebihan, Minuman Bersoda Bisa Melemahkan Sistem Imun

Toto menjelaskan, pada dasarnya tips meningkatkan imun saat ini sama seperti awal pandemi. Bedanya, saat ini masyarakat bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan dukungan vaksin Covid-19.

Walaupun begitu, masyarakat yang telah menerima vaksin diminta tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Selain itu, menjaga asupan gizi seimbang juga sangat penting untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Halaman:

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.