Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Obat Alami untuk Mengatasi Anosmia Akibat Covid-19

Kompas.com - 03/07/2021, 20:45 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Anosmia atau kondisi hidung tidak bisa mencium bau merupakan salah satu gejala infeksi Covid-19.

Pengidap anosmia tidak bisa mencium berbagai aroma, mulai dari makanan, bunga, parfum, dan yang paling berbahaya ketika penderitanya tidak menyadari adanya kebakaran atau kebocoran gas.

Selain itu, anosmia juga kerap mempengaruhi selera makan, sehingga pengidapnya tidak nafsu makan, malnutrisi, dan frustrasi.

Dilansir dari NetMeds melalui KOMPAS.com, anosmia terjadi karena adanya kerusakan pada saraf yang bertugas mengirim sinyal dari hidung ke otak.

Ada beberapa penyebab anosmia, yakni hidung tersumbat, masalah sinus, tumor di dekat saraf penciuman, dan cedera otak, namun saat anosmia banyak dialami oleh orang yang positif terpapar virus Corona.

Baca juga: 6 Obat Anosmia Alami untuk Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

Anosmia yang disebabkan oleh Covid-19 bisa berlangsung selama beberapa hari sampai berbulan-bulan hingga penciuman normal kembali.

Dilansir dari Healthline melalui KOMPAS.com, latihan mencium bau adalah obat alami untuk anosmia. Gunakan benda di rumah yang memiliki aroma kuat.

Berikut ini beberapa perawatan dan obat alami untuk mengatasi anosmia akibat Covid-19:

1. Latihan mencium bau

Gunakan setidaknya empat jenis benda beraroma menyengat yang ada di rumah, seperti bubuk kopi, cengkeh, minyak kayu putih, dan bunga mawar.

Latihan mengembalikan indra penciuman akan lebih efektif dengan aroma atau bau yang sama setiap hari.

Baca juga: Apa Itu Anosmia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi anosmia dengan latihan penciuman sangat mudah, cukup konsentrasi lalu hirup atau baui empat aroma berbeda, masing-masing selama 20 detik. Lakukan latihan mencium bau sebanyak tiga kali sehari dalam enam minggu.

2. Bawang putih

Salah satu obat alami untuk mengatasi anosmia adalah bawang putih. Bumbu dapur ini mengandung asam risinoleat, zat yang bersifat antiperadangan dan antibakteri.

Cara mengobati anosmia dengan menggunakan bawang putih sangat mudah, cukup geprek atau tumbuk lima siung bawang putih, tambahkan air secukupnya, kemudian rebus selama dua menit.

Minum ramuan tersebut selagi hangat sebanyak dua kali sehari untuk mengatasi masalah hidung tidak bisa mencium bau.

3. Lemon

Obat anosmia selanjutnya yang bisa dijajal di rumah adalah lemon. Buah ini mengandung vitamin C, antioksidan, dan zat antimikroba, yang dapat membantu mengembalikan penciuman yang hilang akibat Covid-19.

Baca juga: Latihan Penciuman untuk yang Alami Anosmia karena Covid-19, Bagaimana Caranya?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com