Perhatikan Ini Saat Akan Mendapatkan Vaksin Covid-19

Kompas.com - 25/06/2021, 19:08 WIB
Vaksinasi covid-19 warga perumahan Griya Melati, Bogor, Selasa (15/6/2021). Pemkot Bogor sebelumnya memberlakukan karantina wilayah atau lockdown di Perumahan Griya Melati akibat 90 warga perumahan ini positif covid-19. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOVaksinasi covid-19 warga perumahan Griya Melati, Bogor, Selasa (15/6/2021). Pemkot Bogor sebelumnya memberlakukan karantina wilayah atau lockdown di Perumahan Griya Melati akibat 90 warga perumahan ini positif covid-19.

KOMPAS.com – Percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia mulai berlangsung. Di banyak daerah mulai gencar pemberian vaksinasi Covid-19 secara gratis.

Program vaksinasi Covid-19 telah dimulai oleh pemerintah sejak Januari 2021 dengan diawali penyuntikan vaksin pertama kepada Presiden Jokowi.

Baca juga: Menkes Pertimbangkan Vaksinasi Covid-19 untuk Usia di Bawah 18 Tahun

Bagi Anda yang saat ini akan melakukan vaksinasi, perhatikan beberapa hal berikut ini!

Jaga kondisi

Ketua Satgas Covid-19 dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Tonang Dwi Ardyanto, sebelum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, pastikan melakukan persiapan dan memperhatikan kondisi tubuh.  

“Jangan kelelahan, jangan mengantuk, makanya tidurnya harus cukup jangan beraktivitas berat dulu,” ujar Tonang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Setelah mendapatkan vaksinasi, bisa beraktivitas seperti biasa. Akan tetapi, ia mengingatkan, agar tidak memaksakan diri melakukan kegiatan berat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tonang mengatakan, contoh aktivitas berat, misalnya, setelah vaksin melakukan hiking atau naik gunung.

Hal ini penting diperhatikan agar vaksin bisa bekerja secara maksimal.

Baca juga: Titik Vaksinasi Covid-19 di DIY dan Syarat yang Harus Dipenuhi

Sedang menstruasi, bolehkah mendapatkan vaksin?

Tonang menyebutkan, tak ada masalah mendapatkan vaksin Covid-19 saat menstruasi. Namun, menyesuaikan kondisi masing-masing, karena kondisi setiap orang berbeda-beda.

Jika menstruasi menyebabkan tubuh lemas, sebaiknya proses vaksinasi ditunda. 

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X