Cek Masa Kedaluwarsa Kosmetik, Intip Kode Rahasia yang Ada di Kemasan

Kompas.com - 03/06/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi kosmetik SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi kosmetik

KOMPAS.com - Seperti bahan pangan, bahan kosmetik juga memiliki masa kedaluwarsa yang harus diperhatikan dengan seksama.

Produk kosmetik, apalagi produk skin care, sebaiknya dikonsumsi selama belum tiba masa kedaluwarsanya.

Skin care adalah bahan kimia atau herbal yang dimaksudkan untuk masuk meresap ke pori-pori kulit, kemudian menetap di sana untuk menyehatkan sel-sel kulit.

Jadi bahan yang digunakan sebaiknya adalah bahan-bahan yang masih dalam masa pakai terbaik, agar tak menimbulkan berbagai iritasi pada kulit.

Dilansir dari Insider, kosmetik dan skin care yang sudah lewat masa pakainya biasanya akan berubah tekstur. Sehingga akan susah diaplikasikan, karena mungkin terjadi pengentalan atau pemadatan.  

Selain itu, bahan kosmetik yang sudah tak layak pakai ini juga bisa menyebabkan iritasi karena sudah banyak ditumbuhi bakteri. 

Baca juga: Memperpanjang Usia Simpan Produk Kosmetik dan Skin Care

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara cek masa kedaluwarsa kosmetik

Untuk memeriksa masa pakai terbaik atau melihat tanggal kedaluwarsa, cukup lihat di kemasan kosmetik dan skin care yang ada. 

Biasanya pada kardus atau plastik bungkus kemasan, akan jelas tertulis tanggal kedaluwarsa dari produk kosmetik yang ada. Namun jika kemasan kardus sudah hilang, Anda bisa menilik dari kode kecil yang ada di kemasan kosmetik.

Simbol PAO biasanya terletak di bagian bawah kemasan produk kosmetikKompas.com/Inten Esti Pratiwi Simbol PAO biasanya terletak di bagian bawah kemasan produk kosmetik
Simbol Period After Opening (PAO) ini berbentuk gambar sebuah kemasan kosmetik yang terbuka tutupnya dan dilengkapi angka di bawahnya.

Biasa ada di kosmetik berbentuk krim dan lotion, angka pada simbol ini menerangkan berapa lama produk akan berada dalam masa pakai terbaiknya setelah kemasan dibuka pertama kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.