Kompas.com - 03/06/2021, 11:00 WIB
Kartu BPJS Kesehatan ShutterstockKartu BPJS Kesehatan

KOMPAS.com - Jika ada peserta JKN-KIS yang meninggal dunia, hendaknya segera dilakukan pelaporan kepada pihak BPJS Kesehatan agar bisa segera dilakukan perubahan data.

Perubahan data ini menyangkut jumlah terbaru anggota BPJS Kesehatan yang ditanggung oleh peserta, yang di dalamnya menyangkut pula iuran bulanan yang harus dibayarkan secara rutin.

Ketika peserta JKN-KIS yang sudah meninggal dunia tak segera dilaporkan, maka BPJS Kesehatan masih akan terus menarik iuran kepersertaannya setiap bulannya.

Karena itu, kartu peserta JKN-KIS yang meninggal dunia harus segera dinonaktifkan. 

Saat melapor ke kantor BPJS Kesehatan ini, pihak keluarga harus membawa beberapa dokumen persyaratan yang bisa digunakan untuk menonaktifkan kepesertaan JKN-KIS.

Berikut ini adalah syarat pelaporan JKN-KIS yang meninggal dan cara menonaktifkan BPJS Kesehatan, sesuai dilansir dari akun Instagram resmi BPJS Kesehatan:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BPJS Kesehatan (@bpjskesehatan_ri)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pelaporan dari Peserta Penerima Bantuan Iuran (PPBI)

Khusus untuk kepesertaan PPBI, anggota keluarga yang mewakilkan cukup membawa dua syarat saja untuk mengubah data di kantor BPJS Kesehatan atau Kantor Dinas Sosial setempat atau di dekat lokasi domisili.

Dua syarat tersebut adalah surat keterangan kematian yang bisa berasal dari fasilitas kesehatan, dari kantor desa atau kelurahan, dan kartu identitas KTP serta kartu identitas peserta JKN-KIS.

Baca juga: Begini Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan

2. Pelaporan dari Pekerja Penerima Upah (PPU)

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.