Kompas.com - 27/05/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan ShutterstockIlustrasi BPJS Kesehatan

KOMPAS.com - BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang memiliki tugas untuk menyelanggarakan jaminan kesehatan nasional kepada seluruh rakyat Indonesia. 

Dalam aturan yang sudah ditentukan, peserta BPJS Kesehatan terbagi menjadi dua bagian atau kelompok.

Yaitu penerima bantuan iuran jaminan kesehatan, dan bukan penerima bantuan iuran jaminan kesehatan.

Mengutip dari laman resmi BPJS Kesehatan, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bergabung menjadi peserta JKN-KIS ini.

Pertama, peserta bisa mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama seperti Puskemas, dokter praktik pribadi, apotik dan laboratorium, rawat jalan tingkat pertama, serta rawat inap tingkat pertama. 

Kedua, peserta akan mendapatkan  pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan yang bisa berupa tindakan medis spesialistik baik bedah maupun non bedah, rehabilitasi medik, pelayanan darah, pelayanan keluarga berencana, perawatan inap noninsentif, perawatan inap di ruang insentif dan masih banyak lagi

Kemudian ketiga, peserta juga akan mendapatkan pelayanan gawat darurat. Dan yang keempat atau terakhir, peserta juga akan mendapatkan pelayanan ambulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal Aplikasi P-Care Vaksinasi dari BPJS Kesehatan

Iuran dan status kepesertaan 

Khusus untuk peserta dalam kelompok bukan penerima bantuan iuran jaminan kesehatan, diwajibkan untuk membayar iuran rutin bulanan sesuai kelas yang dipilih.

Pembayaran ini dilakukan paling lambat setiap tanggal 10 tiap bulannya. Seperti yang tertera di website resmi BPJS Kesehatan, tak ada denda keterlambatan iuran. Peraturan ini berlaku mulai 1 Juli 2016.

Meski tak ada denda, namun status kepersertaan akan dibekukan mulai tanggal 1 tiap bulannya. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.