Cek Prosedur Wajib untuk Kedatangan Penumpang Internasional

Kompas.com - 03/06/2021, 10:05 WIB
Penumpang di kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta harus melalui 9 check point sebelum bisa leluasa memasuki wilayah Indonesia. Unsplash/Voo qqqPenumpang di kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta harus melalui 9 check point sebelum bisa leluasa memasuki wilayah Indonesia.

KOMPAS.com - Semenjak Mei, ada peraturan baru dari Keimigrasian terkait dengan kedatangan penumpang internasional yang masuk ke Indonesia. 

Baik itu penumpang yang berstatus WNI atau berstatus WNA, semua harus mematuhi 9 prosedur wajib ini. 

Dilansir dari akun Instagram resmi @ditjen_imigrasi, Satgas Udara Penanganan Covid-19 dan PT. Angkasa Pura menetapkan 9 check point ini guna memperketat penerapan protokol kesehatan.

Termasuk juga di dalamnya, adalah proses menuju karantina di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Berikut adalah 9 prosedur kedatangan penumpang dari luar negeri yang masuk ke Indonesia melalui pintu masuk Bandara Soekarno Hatta:

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Urus Visa Onshore? Ini Saran dari Ditjen Imigrasi

1. Isi data diri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penumpang harus mengisi data diri lengkap beserta data penerbangan melalui aplikasi HORE V2 (Hotel Reservation Version 2) di area kedatangan internasional.

Penumpang juga bisa menuju kiosk machine yang sudah disediakan untuk mengisi data-data ini. 

Di aplikasi HORE, lengkap tertera rencana penerbangan dan jumlah penumpang internasional, serta prosedur karantina Covid-19 termasuk di dalamnya jumlah kamar karantina yang tersedia.

2. Pemeriksaan dokumen kesehatan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X