Kapan Waktu yang Tepat Urus Visa Onshore? Ini Saran dari Ditjen Imigrasi

Kompas.com - 01/05/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi visa Indonesia. SHUTTERSTOCK / Paolo GalloIlustrasi visa Indonesia.

KOMPAS.com - Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Indonesia dan tak bisa pulang ke negaranya karena pandemi, harus segera mengurus visa onshore.

Visa sendiri ada dua, yaitu visa offshore dan visa onshore. Visa offshore adalah izin masuk bagi WNA yang berada di luar negeri dan ingin menetap di Indonesia dalam jangka waktu tertentu. 

Pengurusan visa offshore melalui perwakilan  Republik Indonesia yang ada di luar negeri, dalam hal ini, di negara WNA yang ingin masuk ke Indonesia.

Sedangkan visa onshore adalah visa bagi WNA yang sudah berada di wilayah Indonesia, yang berlaku sebagai perpanjangan izin tinggal di wilayah Indonesia.

Pengurusan visa onshore bisa dilakukan secara online dan pengambilannya sendiri dilakukan di kantor imigrasi sesuai domisili.

Baca juga: Cara Mengurus Paspor yang Hilang di Luar Negeri

Waktu yang tepat urus visa onshore

Selama pandemi berlangsung, banyak WNA yang tak bisa pulang ke negaranya karena adanya penutupan akses masuk di berbagai negara.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Direktorat Jenderal Imigrasi (@ditjen_imigrasi)

Menyikapi situasi ini, Ditjen Imigrasi mengeluarkan kebijakan penerbitan visa onshore tanpa perlu meninggalkan wilayah Indonesia.

Sedangkan mengenai waktu yang tepat untuk pengajuan visa onshore, Ditjen Imigrasi melalui laman resminya di Instagram menyebutkan bahwa sebaiknya pengajuan visa ini dilakukan H-7 sebelum masa tinggal yang berlaku habis.

Hal ini mengingat pengurusan eVisa secara onshore secara normal akan disetujui dalam kurun waktu kurang lebih 3 hari. Jadi H minus 7 adalah waktu paling minim untuk mengurus, jarak aman agar WNA tak terkena overstay

Jika terkena overstay, maka WNA akan terkena denda sebesar Rp 1 juta per hari.

Baca juga: Layanan Kolektif Pembuatan Paspor, Ini Syarat dan Prosedur Eazy Passport

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X