Kompas.com - 29/03/2021, 12:10 WIB
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menggelar sejumlah kosmetik dan obat kecantikan ilegal hasil operasi mereka dengan Dinas Kesehatan di kantor BBPOM, Jalan Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/4/2013). Sebanyak 116 jenis dan merek obat serta kosmetik ilegal ini disita BBPOM dari sebuah klinik kecantikan di wilayah Bandung. Obat dan kosemetik tak memiliki ijin edar itu merupakan produk impor dari Amerika Serikat, Korea, Jerman, Jepang, dan Spanyol.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHOBalai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung menggelar sejumlah kosmetik dan obat kecantikan ilegal hasil operasi mereka dengan Dinas Kesehatan di kantor BBPOM, Jalan Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/4/2013). Sebanyak 116 jenis dan merek obat serta kosmetik ilegal ini disita BBPOM dari sebuah klinik kecantikan di wilayah Bandung. Obat dan kosemetik tak memiliki ijin edar itu merupakan produk impor dari Amerika Serikat, Korea, Jerman, Jepang, dan Spanyol.

KOMPAS.com - Banyak produk kosmetik dan makanan tak layak konsumsi yang beredar di masyarakat.

Produk kosmetik tak berizin sendiri banyak tersebar, beberapa sudah berhasil diamankan. Kosmetik ilegal ada dalam berbagai varian, ada yang berbentuk masker, lipstik, bedak dan masih banyak lagi.

Kosmetik palsu ini tentu saja membahayakan masyarakat karena bisa mengancam kesehatan, sehingga harus ditarik dari peredaran.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (01/02/2021), setiap obat dan makanan yang beredar di pasaran harus memenuhi standar dan persyaratan keamanan, khasiat, manfaat dan mutu produk yang sudah ditetapkan.

Mengonsumsi kosmetik dan produk makanan yang belum memiliki brand cukup dikenal memang harus hati-hati. Sebaiknya Anda cek di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) apakah brand tersebut aman atau malah masuk dalam daftar produk yang sudah ditarik.

Untuk cek produk yang ditarik ini Anda bisa menggunakan dua akses. Yaitu melalui situs resmi BPOM atau melalui aplikasi. 

Baca juga: Marak Penjualan Botol Skincare Bekas, Lakukan Ini untuk Kelola Sampah Kosmetik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara cek produk melalui situs resmi

Berikut alur cek produk yang ditarik BPOM melalui situs resmi:

1. Kunjungi laman cekbpom.pom.go.id.

2. Klik bagian "Daftar Produk".

3. Di dalam tabel produk, Anda bisa memilih bagian "Produk Ditarik".

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.